Tips Belajar Asyik dan Efisien Untuk Menghadapi UN

Assalamualaikum Sahabats …

Tahun ini jadi tahun yang bikin dag dig dug karena kakak Nadia sudah kelas 6. Intensitas jalan-jalan harus mulai dibatasi, dan jadwal belajar mulai ditingkatkan. Demi persiapan menghadapi UN, nggak cuma kakak Nadia aja yang stres, emak bapaknya pun ikutan senewen.

Frankly speaking dengan sistem pendidikan di Indonesia yang sampai sekarang belum ramah anak, beban dan tekanan anak terhadap materi sekolah memang cukup berat. Pelajaran dengan materi segudang dan waktu yang cukup mepet, belum lagi target yang tinggi, siapa sih yang nggak senewen?

Sejak awal masuk sekolah persiapan untuk UN sudah langsung kental terasa. Dari mulai pertemuan antara orangtua dan guru untuk menyamakan visi dan misi, plus kelas tambahan yang diadakan setiap hari. Kesian juga sih liat anak yang tiap hari pulang dalam keadaan loyo, tenaga terkuras tapi malamnya tetap harus belajar dan mengerjakan PR. Makanya aku putar otak nih gimana caranya supaya Nadia nggak terlalu tegang menghadapi UN.

Supaya belajar jadi rutinitas yang menyenangkan dan nggak mbosenin buat Nadia, aku coba bikin beberapa strategi nih. Cara ini terbukti cukup ampuh dan efektif bikin Nadia semangat belajar. Aku share di sini ya, semoga membantu orangtua lain yang juga lagi senewen menghadapi UN. Cekidots guys.

1. Buat Suasana Belajar yang Menyenangkan

Berdasarkan pengalaman jaman sekolah dulu belajar di kamar tu bikin ngantuk, makanya aku menyarankan Nadia cari tempat belajar selain di kamar. Kebetulan kami punya ruang baca, semacam mini library gitu deh, nah aku tata senyaman mungkin supaya bisa jadi “pojok belajar” yang nyaman buat Nadia. Pastikan ruangan tersebut rapi, bersih, dan dilengkapi dengan semua peralatan penunjang macam stationary, AC ataupun kipas angin biar nggak kegerahan saat belajar. Tempelkan juga kata-kata motivasi supaya makin semangat belajarnya. πŸ™‚

2. Rangkum Materi Pembelajaran

Aku selalu ingatkan Nadia untuk bikin catatan yang rapi supaya nanti kalau buat belajar lagi enak. Baca buku pelajaran kemudian ambil intisarinya dan catat. Nah sambil mencatat nih, sambil dipahami dan dimengerti, bukan hanya dihapal.

3. Dampingi Anak Belajar

Meskipun nggak setiap malam, aku selalu meluangkan waktu menemani Nadia belajar. Kebetulan Nadia anaknya visual banget. Butuh beberapa kali baca supaya dia mengerti materi di buku. Supaya nggak kelamaan, aku bantu Nadia memahami materi. Misal waktu itu kami belajar sistem penyerbukan. Aku ajak deh Nadia ke halaman rumah kami, petik bunga dan tunjukan secara langsung anatomi bunga dan memberi contoh bagaimana penyerbukan bisa terjadi. Alhmdhulilah si kakak langsung nyantel dan paham. Ulangannya dapat nilai tertinggi di kelas. πŸ™‚

4. Belajar Sebentar tapi Rutin

Bayangin aja anak sekolah dari jam 07.00 – 16.00, tapi malamnya harus belajar lagi? Kebayang capeknya kan? That’s why kupesankan Nadia belajar satu jam pun oke asalkan rutin setiap hari. Tiap hari dibiasakan membaca buku, entah mengulang pelajaran atau mempersiapkan materi untuk besok, insyaallah malah lebih efektif dan nggak membebani anak juga.

5. Siapkan Camilan yang Menyenangkan

FYI, nyemil itu terbukti bisa bikin fokus belajar dan cocok buat mengusir rasa kantuk lho. Selain menyiapkan buah, aku siapkan juga beberapa biskuit kesukaan Nadia. Yups apalagi kalau bukan biskuit Kokola yang halal, varian rasanya banyak, dan enyaaak semuanya.

Ada 3 varian kesukaan Nadia nih, butter cookies yang rasanya buttery dan creamy banget, malkist olezz Kokola rasa strawberry yang rasa manisnya tuh pas banget, plus rasa strawberry-nya yang lembut dan gemesin. Saking gemesnya, bungkus baru dibuka udah langsung bablas seketika. Kalau udah disuguhin Malkist olezz Kokola pasti anteng deh belajarnya.

Malkist olezz Kokola

Selain yang manis-manis kaya aku, ada juga varian rasa gurih yang nggak kalah enaknya, crackers garlic bread yang rasanya persis kek garlic bread gitu deh. Kusuka deh yang ini, cucok banget buat temen ngeteh di sore hari, pastinya asyik juga buat temen belajar.

Cemilan yang enak dengan aneka rasa gini cocok banget dijadikan temen belajar supaya nggak gamoang stres dan menjaga mood tetap oke selama belajar. Nggak usah kuatir sama kebersihannya dan gizinya deh karena semua bahan yang digunakan untuk membuat Kokola biscuit pastinya adalah bahan pilihan dan proses pembuatannya pun sudah sesuai standart SNI, dan best partnya sudah bersertifikasi halal MUI. Top markotop kan?? πŸ™‚

Tips nya sederhana banget ya sebenernya tapi alhamdhulilah cukup membantu belajar Nadia jadi makin efektif dan efisien. Semoga istiqamah selalu belajarnya ya kak dan sukses nanti pas menghadapi UN. Oya buat yang punya tips belajar asyik, mau juga dong di share di kolom komentar. Siapa tau bisa dipraktekin juga buat Nadia. πŸ™‚

One Reply to “Tips Belajar Asyik dan Efisien Untuk Menghadapi UN”

  1. Waah kakak Nadia… Udah mo UN ajaa. Deg-deg splash banget ya pastinya. Untung ada Kokola buat nemenin belajar biar nggak spaneng. Aku dulu juga waktu masih sekolah suka belajar sambil ngemil. Tapi kalau sekarang kok nggak bisa ya.

    Kerja sambil ngemil.. konsentrasi siiih. Tapi konsentrasinya ke camilan, bukan ke kerjaannya. Wadidaw.. πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    Btw, kak Nadia sukses ya UN nya.. semangaaaat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.