5 Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Online Tour & Travel

Assalamualaikum Sahabats …

Dewasa ini, strategi pemasaran tidak hanya berkisar pada dunia nyata, pemasaran digital lewat dunia maya juga sangat menjanjikan dan perlu jadi perhatian kita supaya bisnis yang kita rintis bisa menjangkau khalayak yang lebih luas.

Makin hari Sahabats bisa lihat betapa maraknya perkembangan dunia teknologi, terutama teknologi komunikasi. Salah satu manfaatnya bisa menjadikan kegiatan pemasaran digital lebih mudah dilakukan. Berbagai aplikasi serta layanan daring penunjang kegiatan pemasaran sudah banyak tersedia, baik dari perusahaan lokal maupun perusahaan asing. Dari semua aplikasi yang tersedia kita hanya perlu memilih dengan cermat aplikasi serta layanan yang kita butuhkan untuk mengembangkan bisnis yang kita miliki.

Baca juga: Tips Membuat Blog Traveling Untuk Pemula

Sebagai pertimbangan untuk memantabkan Sahabats memanfaatkan digital marketing aku jabarkan di sini ya beberapa keuntungan digital marketing dibandingkan dengan pemasaran tradisional adalah sebagai berikut:

  • Jangkauan konsumen yang lebih luas
  • Persebaran lebih cepat
  • Dapat diterapkan pada hampir semua bisnis
  • Akses lebih mudah, baik oleh penjual maupun pembeli

Ada banyak strategi pemasaran digital yang dapat dilakukan untuk meningkatkan potensi bisnis yang kita lakukan. Berikut adalah lima strategi digital marketing untuk bisnis online tour & travel  yang cukup mudah dan patut dicoba.

1.     Membuat Website Khusus untuk Bisnis

Langkah ini adalah langkah awal dari strategi digital marketing, karena website dapat dikatakan sebagai kantor pusat bisnis online yang Sahabats miliki. Saat ini banyak tersedia platform yang mempermudah pembuatan website seperti WordPress, Joomla, Drupal, Jekyll, Hugo, dan lain sebagainya.

Sahabats hanya cukup memilih platform yang disukai, berlangganan layanan hosting, dan membeli rekomendasi hosting murah dan terbaik. Setelah melakukan ketiga proses tersebut, and voilla website Sahabats bisa langsung tayang tanpa memerlukan proses yang panjang dan lama.

Baca juga: 7 Hal Positif yang Bisa Kamu Dapatkan dari Hobi Traveling

What’s next? Setelah website aktif, Sahabats dapat memusatkan kegiatan bisnis online di sana, mulai dari penjualan, promosi, sampai layanan dukungan produk. Sahabats juga dapat menambahkan halaman blog pada website sebagai materi pendukung.

Cobalah untuk mengisi blog dengan artikel yang dapat menarik minat pengunjung, contohnya artikel tips, pengenalan produk, informasi promo, dan lain sebagainya.

2.     Gunakan Email Bisnis Saja

Sahabats pasti pengen dong tampil lebih profesional ketika berkomunikasi dengan rekan bisnis, calon pembeli, atau bahkan para pelanggan? Nah caranya gampang banget deh. Gunakan email atau surel (surat elektronik) bisnis khusus untuk usaha online Sahabats. Ingat ya, jangan dicampur dengan email pribadi Sahabats.

Memang, tidak ada salahnya menggunakan alamat surel seperti ‘layanantokosaya@gmail.com’, tetapi tentu akan terlihat lebih profesional dan sebagai kesatuan identitas bisnis bila alamat surel sesuai dengan nama domain yang sudah kita pilih, seperti ‘layanan@tokosaya.com’.

Untuk mendapatkan alamat email bisnis, Sahabats bisa memilih platform surel favorit, membeli paket domain hosting murah, dan menghubungkan platform surel dengan nama domain website yang kita miliki.

Walau tergolong teknologi lawas, email terbukti masih menjadi sarana digital marketing yang efektif. Sahabats bisa mencoba membuat strategi surel marketing seperti menawarkan promo khusus lewat newsletter kepada para subscriber mailing list website , atau strategi lain untuk membangun audiens situs Sahabats.

3.     Penerapan Copywriting pada Tulisan-Tulisan Media Pemasaran

Pemilihan kata-kata yang mampu menggerakkan konsumen sangatlah penting dalam strategi pemasaran, termasuk dalam ranah pemasaran digital. Copywriting dapat diterapkan pada hampir semua media digital marketing, seperti website, blog, iklan di media sosial, newsletter, dan lain sebagainya.

Pemahaman terhadap produk serta pemahaman tentang pasar sangatlah penting untuk menghasilkan copywriting yang efektif. Selain itu, nama domain yang konsisten juga memegang peranan penting ketika mempublikasikan tulisan-tulisan marketing yang Sahabats punya, sehingga para pelanggan merasa yakin bahwa tulisan-tulisan tersebut dihasilkan oleh bisnis online tour & travel yang Sahabats punya.

BIngung cari hosting yang harganya bersahabat? Nggak perlu dong. Sekarang ini Sahabats bisa menemukan paket domain hosting murah pada banyak penyedia layanan jasa website.

4.     SEO Tepat Sasaran

Jika menginginkan situs web Sahabats selalu tampil pada puncak hasil pencarian mesin pencari, ada baiknya Sahabats menerapkan SEO (Search Engine Optimization). Terdapat banyak teknik untuk mengoptimalkan situs untuk SEO, di antaranya adalah dengan melakukan riset dan menggunakan keyword yang tepat, optimasi fungsi dan tampilan situs, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pesan Tiket Kereta Api Online Langsung Dapat E-Tiket

Nama domain yang mudah dan konsisten juga dapat membantu, contohnya nama ‘tokosaya.com’ tentu akan lebih mudah dicari dan ditemukan oleh mesin pencari daripada ‘tokosaya.blogspot.com’. Untuk mendapatkan domain murah untuk keperluan bisnis daring, cuuzz aja segera menghubungi penyedia layanan jasa situs jejaring.

5.   Manfaatkan Kekuatan Media Sosial

Memanfaatkan media sosial juga menjadi salah satu strategi efektif pemasaran digital untuk bisnis online milik Sahabats. Selain gratis, keuntungan lain dari penggunaan media sosial adalah basis pengguna yang sangat banyak, sehingga produk yang Sahabats pasarkan dapat terjangkau oleh pasar yang lebih luas.

Selain jumlah pengguna yang cukup banyak, persebaran materi pemasaran juga lebih cepat, terlebih jika menerapkan strategi copywriting dengan tepat. Sahabats dapat menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau bahkan Whatsapp sebagai platform pemasaran digital bisnis online.

Baca juga: Mengapa Harus Beli Tiket KLIA Express Secara Online

Jangan lupa untuk menyematkan nama domain situs web milik Sahabats pada setiap platform media social yang digunakan. Umumnya, nama domain dapat diletakkan pada bagian profil, namun dapat juga dijadikan hashtag atau bagian dari konten pada deskripsi.

Untuk mendapatkan hosting murah, Sahabats bisa langsung menghubungi penyedia layanan jasa situs web. Demikianlah lima strategi digital marketing untuk bisnis online yang bisa langsung dicoba, terlebih jika Sahabats baru saja mulai menekuni bidang ini.

Masih terdapat banyak strategi lain yang dapat diterapkan selain yang sudah aku sebutkan di atas, termasuk strategi pemasaran tradisional. Menerapkan digital marketing bukan berarti kita melupakan strategi pemasaran tradisional seperti memahami kebutuhan pasar, mengamati kondisi sosial, dan lainnya. Selamat berbisnis!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.