Mempersiapkan Masa Depan Keluarga dengan Asuransi Salam Anugerah Keluarga

Assalamualaikum Sahabats …

Kita tidak akan pernah bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Beberapa bulan lalu manusia masih hidup normal tanpa pernah membayangkan bahwa hari ini akan ada pandemi Covid 19 yang dampaknya menghantam seluruh sektor kehidupan manusia. Sebagai manusia dan seorang muslim wajib hukumnya untuk berikhtiar yang terbaik bagi diri dan keluarga. Kita bisa mengantisipasi apa yang akan terjadi di masa depan dengan memiliki asuransi jiwa karena asuransi jiwa merupakan produk keuangan yang akan menanggung kerugian finansial tak terduga yang disebabkan karena seorang pemegang polis asuransi jiwa terkena musibah bahkan meninggal dunia.

Segera setelah anak pertama lahir kami sudah langsung berpikir untuk memiliki asuransi. Target pertama kami adalah punya asuransi pendidikan untuk anak-anak mengingat dana pendidikan yang terus meningkat tiap tahunnya. Ternyata selain memiliki asuransi pendidikan, penting juga lho memilik asuransi jiwa. Hiks … sejujurnya aku pun nggak berfikiran untuk ikutan asuransi jiwa lho Sahabats sampai akhirnya tercerahkan dan tahu betapa punya asuransi jiwa itu penting.

Meskipun punya segudang manfaat, ternyata masih banyak yang abai mengenai pentingnya asuransi jiwa bagi keluarga. Beberapa keuntungan dari memilik asuransi jiwa adalah:

1.Mengurangi Resiko Keuangan

Dengan memiliki asuransi jiwa kita tidak perlu cemas bila sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak kita inginkan. Apabila kita sakit Asuransi jiwa akan menanggung segala biaya pengobatan. Selain itu, apabila trejadi sesuatu yang menyebabkan Sahabats tidak bisa lagi aktif bekerja, asuransi jiwa akan memberikan uang pertanggungan sehingga Sahabats dan keluarga tetap bisa membiayai kebutuhan hidup sehari-hari

2.Menyiapkan Masa Tua Secara Cermat

Tidak ada satu manusia yang sanggup menahan lajunya waktu. Pada suatu masa nanti kita akan menua. Apa yang sudah kita persiapkan untuk menuju masa tua tersebut? Dengan memiliki asuransi jiwa berarti sejak dini kita sudah mempersiapkan diri karena itu artinya Sahabats sudah memiliki dana tabungan lewat premi yang secara rutin dibayarkan. Uang yang sudah tersimpan pun tidak bisa diambil sewaktu-waktu dan baru bisa Sahabats manfaatkan di hari tua kelak.

3.Bentuk Investasi

Selain memberikan proteksi, asuransi juga bisa dijadikan sebagai instrumen investasi. Premi yang Sahabats bayarkan secara rutin tidak hanya dipergunakan untuk memberikan perlindungan bagi Sahabats dan keluarga, namun akan dikelola oleh pihak penyedia asuransi menjadi berbagai jenis investasi menguntungkan. Selayak sebuah investasi, kesuksesannya pun tentu tergantung seberapa cermat Sahabats dan pihak penyedia mengelola uang. So penting bagi Sahabats untuk memilih penyedia asuransi jiwa terbaik agar investasi Sahabats bisa menghasilkan laba yang besar.

Mengapa Memilih Asuransi Berbasis Syariah?

Sebagai seorang muslim kita pasti ingin hidup sesuai ajaran Islam yang kaffah dong, pun dalam memilih produk asuransi yang tepat. Alhamdhulilah produk keuangan berbasis syariah sekarang sudah banyak diminati masyarakat Indonesia yang memang mayoritasnya muslim. Asuransi berbasis syariah sudah mendapatkan sertifikat halal dan sesuai syariat Islam. Asuransi Syariah merupakan asuransi yang memiliki prinsip sesuai syariat Islam, yaitu tolong menolong antar peserta. Apa sih bedanya asuransi konvensional dan asuransi syariah?

  • Kontrak atau perjanjian Asuransi Syariah menggunakan Akad Hibah (tabarru’) yang dilakukan sesuai syariat Islam dan halal. Sedangkan kontrak Asuransi Konvensional dilakukan seperti transaksi pada umumnya. Nasabah menyepakati kontrak (premi, rentang waktu, dan lainnya) yang diajukan oleh perusahaan asuransi.
  • Kepemilikan dana. Kepemilikan dana Asuransi Syariah adalah dana bersama milik semua Peserta asuransi. Jika ada Peserta membutuhkan bantuan, Peserta lain termasuk Anda akan membantu melalui dana kontribusi. Hal ini disebut dengan prinsip sharing of risk. Sedangkan Asuransi Konvensional akan mengelola dan menentukan dana perlindungan Nasabah, yang berasal dari pembayaran premi per bulan.
  • Investasi berbentuk Tabarru’ dilakukan sesuai syariat Islam, sehingga investasi akan mengambil instrumen yang halal. Sebaliknya, Asuransi Konvensional bebas memilih instrumen investasi, tanpa melihat halal atau non-halal.
  • Surplus underwriting. Ini adalah dana yang akan diberikan kepada peserta bila terdapat kelebihan dari rekening Tabarru’ termasuk jila ada pendapatan lain setelah dikurangi pembayaran santunan/klaim dan hutang kepada perusahaan (jika ada). Hal ini tidak berlaku pada Asuransi Konvensional, karena semua keuntungan dimiliki oleh pihak perusahaan asuransi.
  • Proses klaim. Asuransi Syariah memungkinkan seluruh keluarga inti menggunakan satu polis. Di samping itu, kontribusi tabarru lebih ringan dibanding pembayaran premi, seluruh keluarga akan mendapatkan perlindungan rawat inap di rumah sakit. Asuransi Konvensional hanya memperbolehkan satu orang memegang satu Polis.
  • Zakat adalah salah satu Rukun Islam yang wajib dilakukan oleh umat Islam. Sehingga Asuransi Syariah mewajibkan peserta membayar zakat. Jumlahnya ditentukan berdasarkan keuntungan perusahaan. Hal ini tidak berlaku pada Asuransi Konvensional.

Meski ada perbedaan antara Asuransi Syariah dan Asuransi Konvensional, peran asuransi masih sama, yaitu memberikan perlindungan bagi peserta. Namun ada manfaat produk Asuransi Syariah yang tidak ada di Asuransi Konvensional, yaitu Wakaf. Dengan memilih asuransi syariah kita tidak hanya berinvestasi untuk masa depan kita dan keluarga, tapi juga berinvestasi untuk kehidupan akhirat dengan cara berwakaf.

Asuransi Salam Anugerah Keluarga.

Nah sekarang Sahabats pastinya sudah paham dong betapa pentingnya memproteksi keluarga dengan asuransi jiwa. Mumpung masih muda nih, semangat mempersiapkan masa depan yang terbaik untuk keluarga dan tentunya sesuai dengan syariat Islam. Pas banget aku punya info tambahan seputar produk asuransi jiwa yang dikeluarkan oleh PT. Sun Life Financial Indonesia.

Sun Life Indonesia adalah anak perusahaan Sun Life, sebuah perusahaan penyedia jasa keuangan terkemuka di dunia. Sun Life Indonesia punya banyak produk keuangan unggulan, salah satunya adalah Asuransi Salam Anugerah Keluarga sebagai solusi perlindungan dan perencanaan keluarga secara menyeluruh. Hadir dengan Santunan Asuransi untuk pasangan suami istri dan 2 orang anak, Asuransi Salam Anugerah Keluarga siap menjawab kebutuhan keluarga Indonesia di masa kini dan mendatang.

Kenapa Sahabats aku anjurkan untuk memilih Asuransi Salam Anugerah Keluarga? Well ada beberapa keuntungannya dong pastinya. Berikut adalah keunggulan produk Asuransi Salam Anugerah Keluarga:

  1. Satu Polis asuransi dasar memberikan perlindungan asuransi untuk 4 Peserta sekaligus; suami, istri, 2 orang anak.
  2. Kontribusi yang terjangkau dengan perlindungan yang menyeluruh.
  3. Dilengkapi asuransi tambahan kesehatan kelas dunia Sun Medical Platinum Syariah dengan manfaat limit booster hingga Rp40 miliar masing-masing untuk seluruh anggota keluarga hingga maksimal 6 Peserta.
  4. Terdapat 7 asuransi tambahan lainnya yang dapat dipilih untuk memaksimalkan perlindungan.
  5. Kesempatan untuk bersedekah jariyah dengan berwakaf.
  6. Potensi mendapatkan surplus underwriting setiap tahunnya.

Banyak juga ya keunggulan dan manfaat dari Asuransi Salam Anugerah Keluarga. Coba aku simulasikan buat Sahabats ya. Kalau kira-kira umur Sahabats saat ini 35 tahun dengan anak, maka Sahabats per tahunnya hanya menyisihkan Rp. 4.200.000 untuk membayar premi asuransi salam anugerah keluarga, maka total santunan yang akan didapatkan sebesar Rp. 2 miliar plus wakaf berkala yaitu 10 juta pertahun selama KAB dibayarkan. Begini simulasi lengkapnya ya. Biaya asuransinya bisa dibayarkan per tiga bulanan, 6 bulan, atau tahunan, bisa lah disesuaikan dengan kebutuhan Sahabats.

Nah terus gimana caranya kalau Sahabats tertarik untuk memiliki produk asuransi ini? Selain bisa mengunjungi kantor cabang tedekat, Sahabats bisa langsung download aplikasi My Sun Life Indonesia untuk mendapatkan semua informasi tentang produk Sun LIfe termasuk produk asuransi syariah, Asuransi Salam Anugerah Keluarga. Gampang banget ya, nggak perlu keluar rumah. 🙂

Setiap manusia hendaknya memperhatikan apa yang telah dilakukannya di masa lalu, agar dapat mempersiapkan masa depan sebaik-baiknya. Selain mempersiapkan bekal untuk kehidupan akhirat kelak tentunya selama kita masih dalam umur produktif tetap harus ikhtiar sebaik mungkin dengan bekerja keras, menyisihkan sebagian rezeki kita untuk persiapan hidup di masa tua, tanpa melupakan ibadah-ibadah harian kita, termasuk sadaqah dan ber-wakaf di jalan Allah. Yuk manfaatkan kebaikan Asuransi Salam Anugerah Keluarga untuk masa depan keluarga yang lebih cerah sekaligus jadi ladang pahala juga untuk semua anggota keluarga kita.

9 Replies to “Mempersiapkan Masa Depan Keluarga dengan Asuransi Salam Anugerah Keluarga”

  1. Info yang menarik nih terkait asuransi jiwa. Syariah pula ya.

    1. Wah info.menarik nih.. Tapi apakah asuransi ini hanya utk yang berkeluarga saja atau bisa juga secara perorangan ya? Thx infonya Muna..

  2. Memang sangat penting ya asuransi ini. Dengan asuransi jaminan kesejahteraan bikin nyaman. Pas ada hal2 di luar rencana juga bisa jadi solusi terbaik

  3. Kalau punya asuransi memamg setidaknya kayak ada “teman” gitu ya, misal lagi sakit juga nggak mikir harus bayar ini itu

  4. aku jadi bisa banyak belajar tentang perbedaan asuransi syariah dan konvensional. infonya benar-benar bermanfaat mbak.. terima kasih

    1. Sekarang banyak bermunculan asuransi syariah ya, Mbak. Mengingat pasar Indonesia mayoritas muslim.

  5. Praktis ya satu polis bisa digunakan untuk seluruh anggota keluarga, tentunya dengan ketentuan jumlah keluarga yang sesuai kesepakatan. Ibaratnya tabungan untuk masa-masa yang tak terduga gitu.

  6. Semakin banyak asuransi berbasis syariah saat ini membuat masyarakat di Indonesia yang mayoritas muslim punya banyak pilihan untuk perlindungan keluarga.

  7. Baru kali ini mom aku tahu satu polis bisa untuk keluarga semua. Serunya, ya. Mau banget ini.

Leave a Reply to Wahyu Widyaningrum Cancel reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.