Sepenggal Kisah Kota Semarang dalam Motif Batik Semarangan

Assalamualaikum Sahabats …

Batik adalah cerminan budaya Indonesia dimana setiap daerah di Indonesia memiliki kekhasan tersendiri. Berbagai motif batik terinspirasi dari kepribadian masyarakat setempat, harapan, hingga unsur-unsur alam. Begitu pun motif yang tertuang dalam batik Semarang. Ini adalah sepenggal kisah tentang cinta dan cita-cita yang tertuang dalam selembar kain batik Semarang.

Batik Semarang mungkin belum setenar batik Solo, Jogja ataupun Pekalongan. Tapi jangan salah ya Sahabats, batik Semarang pun memiliki ciri khas dan kualitasnya pun tak kalah dengan batik lain di Indonesia.

Semua berawal dari mimpi dan kecintaan seorang perempuan bernama Umi S Adi Susilo yang mantab mendedikasikan dirinya untuk menghidupkan kembali batik Semarang. Tak sekedar mengikuti trend batik, beliau bahkan membangun pusat edukasi, konservasi, bahkan menggerakkan perekonomian penduduk sekitar.

batik semarang 16

Perjalanan Panjang Sanggar Batik Semarang 16

Setelah menyelesaikan kursus membatik di Museum Batik Jakarta di tahun 2005, bu Umi perlahan membangun impiannya menghidupkan kembali batik Semarang. Beliau membuka kursus membatik untuk penduduk sekitar di sebuah rumah kecil di kawasan Tembalang, Semarang yang kini dikenal dengan Batik Semarang 16.

Gayung bersambut, pelatihan yang beliau berikan banyak diikuti penduduk sehingga beliau pun mantab melanjutkan ke proses produksi dan penjualan. Berkat kerja keras para perempuan hebat ini, lahirlah batik Semarangan dengan motif yang terinspirasi dari keragaman budaya kota Semarang.

Arti di Balik Motif Batik Semarang

Beberapa motif Batik Semarang yang diangkat oleh bu Umi adalah landmark kota Semarang yang sudah dikenal luas, seperti tugu muda, gereja blenduk, klenteng Sam Po Kong. Ada juga kain batik dengan corak kuliner khas Semarang seperti bandeng presto dan lumpia.

Tak berhenti disitu, bu Umi menggali lebih dalam lagi sejarah kota Semarang. Butuh waktu bertahun-tahun bagi beliau untuk melakukan penelusuran hingga riset mendalam bersama pakar dan sejarawan kota Semarang hingga terciptalah 177 motif kelurahan yang ada di Semarang. Semua berdasarkan penelitian ilmian dan menggambarkan ciri khas daerah tersebut.

Hingga kini, sudah ada 219 motif batik Semarang yang telah dipatenkan dan terdaftar dalam HAKI. Dari ujung Timur hingga Barat kota Semarang tertuang secara simbolis dalam motif batik Semarang.

Motif batik wilayah Semarang atas misalnya, menggambarkan daerah berbukit yang mengisahkan keseharian penduduknya beraktivitas di hutan jati. Kisah ini tertuang dalam motif kelurahan Jatirejo (109).

Ada pula kisah multikulturalisme kota Semarang yang tergambar dalam motif kawasan Pecinan, tempat keturunan Tionghoa berkumpul dan motif kawasan Pekojan, tempat keturunan India bermukim. Pada mtif Pekojan tergambar warga menggunakan turban, tutup kepala yang biasa dipakai pria keturunan India dan Arab.

batik semarang 16

Ada juga motif kuliner khas Semarang tahu gimbal (045556). Pada kain bermotiftahu gimbal tergambar spirit wilayah peisir dan pedalaman kota Semarang yang menyimbolkan pembauran.

Setiap lembar kain yang telah dipatenkan ini bisa Sahabats nikmati kecantikannya di galeri batik Semarang 16 yang baru saja diresmikan oleh walikota Semarang, Hendrar Prihadi, pada 12 Agustus 2022 lalu.

Semua kain batik yang terpajang di galeri batik 16 ini adalah buah dari kerja keras bu Umi menghidupkan kembali batik Semarang. Aku pribadi salut dan sangat kagum pada kegigihan beliau. Berapa banyak energi dan biaya yang tercurah dan akhirnya terbayar lunas dengan keberadaan batik Semarang 16 yang kini sudah dikenal luas.

Galeri Batik Semarang 16: One Stop Entertainment

Sahabats jangan mengira kalau Batik Semarang 16 ini sekedar galeri yang memajang ratusan lembar kain batik Semarang. Di sini kita bisa melakukan banyak hal lain seperti melihat proses pembuatan kain batik, belajar membatik, sampai staycation.

Semenjak pengelolaan batik Semarang 16 diturunkan kepada putri bu Umi, Batik Semarang 16 mulai membuka diri sebagai tempat wisata di kota Semarang. Galeri yang sudah lebih dulu berdiri mulai diperluas dengan keberadaan workshop, homestay, venue, hingga taman yang sangat Instagramable.

Program pelatihan terus dipertahankan hingga hari ini agar keberadaan batik Semarang 16 bisa bermanfaat untuk orang banyak. Selain warga sekitar, pengunjung galeri bisa mengikuti workshop membuat batik. Seru banget dan pastinya jadi pengalaman yang tak terlupakan.

batik semarang 16
di bagian belakang galeri ada taman yg adem dan cantik buat pepotoan

Selain mengikuti workshop Sahabats bisa juga mengintip perpustakaan cap milik Batik Semarang 16. FYI, semua cap yang telah digunakan untuk motif batik tersimpan rapi dalam perpustakaan cap.

Aku pribadi amazed banget melihat detail cap yang terbuat dari limbah tembaga. Setiap cap di desain dan diukur secara presisi. Pembuatan satu cap membutuhkan waktu kurang lebih satu minggu. Proses pembuatan cap ini juga sangat menarik untuk dilihat lho Sahabats.

Staycation di Niwa Canting Lanjut Belanja Batik

Masih belum puas? Nah Sahabats bisa melanjutkan petualangan dengan staycation di Niwa Canting Homestay yang berada satu lokasi dengan galeri batik 16. Aku pribadi belum pernah sih nginap di sini jadi belum bisa cerita aa-apa. Maafkeu ya. Insyaallah segera ada kesempatan staycation di sini.

Karena nggak nginep, petualangan aku lanjutkan ke galeri batik. Ruang komersial ini ditujukan untuk menjual hasil karya para pengrajin batik Semarang 16. Ada banyak koleksi kain, baju, selendang, hingga tas dan pouch dari kain batik Semarang yang bisa Sahabats beli.

Ada juga ruang VIP yang khusus menjual kain dan baju yang VIP juga pastinya. Motif dan desainnyabikin kemecer deh. Harga tentu sesuai dengan kelasnya ya. Sahabats bisa pilih sesuai dengan kebutuhan tentunya.

Cerita kegigihan bu Umi membesarkan batik Semarang 16 hingga saat ini mengajarkan aku banyak hal. Semua orang bisa dan boleh bermimpi tapi hanya sedikit dari kita yang benar-benar bisa mewujudkan impian kita. Selama kita yakin akan impian kita dan berusaha sepenuh hati, maka tidak ada yang mustahil di dunia ini.

Batik Semarang 16

jl. Sumberejo Rt.2 Rw.5, Kelurahan Meteseh

Tembalang, Semarang

(0811286444)

29 Replies to “Sepenggal Kisah Kota Semarang dalam Motif Batik Semarangan”

  1. Keren banget risetnya sampai dapat ratusan motif yang dipatenkan. Layak banget buat dikunjungi tempatnya, ya

  2. Wow, ingin rasanya memasuki area VIP di Niwa Canting. Hasil karya pengrajin batik Semarang 16 ini sungguh memukau. Tentu saja batik2nya lebih berkelas dan istimewa ya mbak. Seru juga foto2 di taman yang ada di belakang galerinya. Kapan2 kudu dimampirin ah kalau berkunjung lagi ke Semarang 😀

  3. Sebagai warga ber-KTP Jateng (tapi masih dolan keluar daerah), aku pengin kapan2 pas mudik maen semarang. Niwa canting bisa jd alternatif pilihan nih, nginep edukatif yaa..Semoga ratenya cocok dengan kantong hehehe.

    Btw, bebebrapa kali baca opini kalau Semarang itu kota nanggung, budaya bukan, bisnis juga belum optimal (jangan bully yaa karena ini juga cuma baca opini orang :D). Upaya ibu Umi untuk mengangkat batik motif Semarang layak diacungi jempol.

  4. Waktu saya sempat tinggal di Semarang belum sempat mengunjungi batik Semarang 16. Motifnya bagus ya, ada filosofinya tersendiri. Kualitas bahannya juga bagus. Seru banget bisa staycation di Niwa Canting dan berbelanja aneka batik tentunya.

    1. Batikk adalah warisan budaya kita yang sangat adiluhung. Patut bangga karena batik setiap daerah di Indonesia memiliki filosofi berbeda dan memiliki arti mendalam.

  5. Motif batiknya cakep ya, lebih moderen dan warna-warninya juga mengundang.
    Aku kalau ke Semarang seriiing banget dibelikan sama tante-tante ku yang penyayang .. duh sedih jadinya, karena salah satunya sudah tiada 🙁

    anyway ke sini sama mas Tegus Sudarisman itu sesuatu banget, pasti diajarin macam macam nih!

  6. Tak kenal maka tak sayang. Dengan semangatnya bu Umi membangun Batik Semarang 16 akhirnya terciptalah batik-batik cantik. Aku suka dengan motifnya mbak, kreatif. Ada 219 motif batik yang sudah dipatenkan ya. Bagus nih inisiatifnya supaya gak ditiru

  7. Wah kalau sudah ke galeri batik rasanya mata sudah yermanjakam dengan keindahan nya. Wajar ya mesti melewati perjalanan panjang proses membatik jika hasilnya luar biasa indah

  8. luar biasanya ketika beliau menggali lagi sejarah kota, bareng pakar dan sejarawan sampai tercipta 177 motif batik kelurahan. Kayaknya ini bisa jadi inspirasi buat saya ketika ingin mengcreate suatu produk. Karena produk yang berkaitan dengan sejarah kota, akan menghidupkan kembali kota itu. Ada value juga dalam produknya.

  9. Wah Semarang juga punya batik yah. Keren perjuangan bu Umi, dari beliau Batik Semarang bisa terus berkembang dan punya hak paten. Ternyata juga ada one stop entertainment yah bisa staycation di Niwa Canting. Penasaran juga.

  10. Aku punya batik Semarangan, udah dijadikan gamis karena dulunya beli berwujud kain.
    Tapi yang beliin adik ipar karena aku belum pernah ke Batik Semarang 16 di Meteseh itu. SEru ya bisa wisata sambil melihat proses membatik jugaa

  11. Aku baru tahu kalau ada batik khas Semarang, salah satunya motif tahu gimbal. Aku beum punya batik semarangan, seru banget ya mbak bisa main dan dapet ilmu disini. Lihat pembatik sedang bekerja selalu jadi hal yang menyenangkan

  12. Wah lumayan banyak yah sudah ada 219 Motif Batik Semarang yang untunglah sudah dipatenkan, jadi penasaran pengen lihat berbagai motif Batik Semarang yang pastinya unik dan menarik. Semangat terus buat Bu Umi untuk terus menciptakan berbagai motif batik Semarang

  13. Batik Semarangan ini banyak banget ya motifnya. Sampai 200 lebih. Ini makin memperkaya Jawa Tengah dg ciri khas batiknya yang tiap daerah ada.

  14. Wah, cantik cantik banget corak batik sembarangan ini mbak
    Batik semarangan ini punya ciri khas yang unik ya mbak

  15. Keren ya batik2 semarang nih. Bukan swkedar gambar batik biasa, tapi ada makna dari setiap lukisannya. Jadi mau cari batik lumpia semarang.. Heheh

  16. Aku niscaya kalaaappp nih klo ke galeri batik.
    Pengin ngeborong semuaaa
    Bagus² ya mbaaa 😁

  17. Di sini tuh ada motif batik yang enggak boleh sembarangan dipakai
    Kalau nekat maka seketika ada badai dan badainya cuma menghampiri orang yang melanggar tersebut

    1. Corak dan motifnya bagus-bagus. Sayangnya belum oernah ke gakerynya padahsl lokasinya ngga jauh dari rumah. Kapan-kapan harus kesana nih.

      1. Aku juga belum pernah ke Batik Semarang 16 ini, mbak Wahyu. Padahal lumayan sering juga melintas area sana, Meteseh ini kan jalur cepat kalo pengen ke Tembalang dari arah Pedurungan. Pengen ikut melihat poses pembuatan motif dengan menggunakan cap

  18. Dulu waktu kuliah di UNNES saya belum niat pengen ke sini mbak melihat langsung pembuatan batik semarang, namun qodarullah tidak terlaksana, karena kampus malah ngajaknya jauh ke pabrik tekstil di Solo. Sayang banget ya padahal di semarang ada pabrik batik yang tradisional malah dilewatkan. Makasih mbak informasinya membuat saya makin kagum dengan batik semarangan

  19. cakep-cakep ya, mbak motif batiknya. mana tempatnya juga bisa dijadikan tempat wisata. jadi penasaran sama harga kain batiknya ini berapa. heu

  20. aiih..motif batik Semarang ini cantik2 yaa..bikin kemecer pengen koleksi, tapi musti lirik2 dompet dulu yee..haha..
    terima kasih sharingnya, Muna..kapan2 pengen main ke sini juga aah..

  21. astaga…aku sebagai warga Tembalang kok baru tau klo ada galeri batik 16 yang bagus-bagus begini. wajib jadi agenda kunjungan nih. makasih mbak artikelnya…

  22. Masya Allah perjuangan Bu Umi inspiratif banget, yaa. Keren, batiknya juga cantik-cantik. Kapan-kapan harus berkunjung ke Batik Semarang 16 nih.

  23. Yaampun dah dari kecil di Semarang, belum pernah nemu galeri batik huhu. Terimakasih infonya mbak, berguna banget nih artikelnya untuk di share ke adik kelas jurusan seni UNNES.

  24. Ternyata deket rumah mbak hahaha btw pas nih suami lagi nyari batik semaranhan buat seragam, dan aku baru tau sanggar ini mbak. Terima kasih infonya ya

  25. Mbaaak risetnya mantab mbak, jujur aja aku yang orang semarang asli aja malah gak tau motif motif semarangan, malah taunya yg motif modern kereeen mbaaak

  26. Deket rumah banget ini. Ternyata sejarahnya cukup panjang juga ya. Pengen mampir ke sini sama anak-anak kok belum jadi2. Kapan2 ah mau ngajak anak-anak belajar tentang batik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.