Serunya Berkreasi Bersama si Kecil dan Faber Castell Art Series

Assalamualaikum Sahabats ….

Pandemi memang mempersempit ruang gerak kita semua termasuk anak-anak. Mereka harus membatasi semua kegiatan sosial bahkan nggak bisa leluasa bermain di alam bebas. Padahal fitrahnya anak kecil ya bermain. Jadi wajar kalau anak-anak tertekan, bahkan stress menghadapi pandemi. Sebagai orangtua apa yang bisa kita lakukan untuk anak. Hadir secara fisik dan mental untuk anak-anak. Sesederhana itu sih menurutku.

Tapi nyatanya, prakteknya nggak se-simple itu kan? Aku yakin semua orangtua merasakan frustrasi yang sama setiap harinya. Harus mendampingi anak sekolah daring sementara kerjaan rumah numpuk, belum lagi kerjaan kampus yang deadline nya udah di depan mata. Kalo boleh pengen teriak keras-keras tiap hari.

liburan keluarga

Sebagai pelengkap penderita, ada pak suami yang tetap sibuk dengan dunianya sendiri. Tutup pintu ruang kerja dan pasang papan nggak mau diganggu sampai jam kantor selesai, seolah nggak mengerti bahwa kita para ibu harus memikul beban berat dari pagi sampai pagi lagi. (eh kenapa jadi curcol begini ya hahaha)

Tahun ini harusnya Keumala sudah mulai sekolah di Play Group. Tapi karena situasi pandemi yang masih nggak jelas aku putuskan belajar home schooling ala-ala gitu deh. Kubilang ala-ala ya karena kurikulum aku sendiri yang buat, jamnya juga fleksibel tergantung aku selo-nya kapan.

Nah yang jadi masalah kalo pas aku sibuk sama kerjaanku sendiri dan Keumala pun terbengkalai. Akhirnya screen time mau nggak mau jadi “penyelamat.” Sedihnya kadang waktu screen time jadi bablas sementara tenaga Keumala yang berlebihan nggak tersalurkan. Walhasil tumbuh kembangnya jadi nggak maksimal.

Anak Jadi Korban Tersembunyi dari Pandemi Covid 19

Sadar kalo aku butuh upgrade ilmu untuk mendampingi Keumala selama masa pandemi, aku akhirnya ikutan Webinar Parenting Faber Castell & Soft Launching Creative Art Series 2 dengan tema Soft skill yang diperlukan anak di abad digital. Webinar ini diselenggarakan pada Sabtu, 25 September 2021 melalui zoom. Dari mengikuti webinar ini aku jadi paham betapa pentingnya menanamkan kreativitas pada anak di abad digital.

Pembicara pertama, Psikolog Yohana Theresia, M, Si mengungkapkan sebuah fakta menyedihkan bahwa anak-anak adalah korban terselubung dari pandemi Covid 19. Ketika perekonomian keluarga melemah, kesehatan keluarga terancam, konflik antar ayah dan ibu kerap terjadi sehingga akhirnya kita nggak sadar bahwa ada anak-anak yang juga jadi korban.

Sementara sabagian orangtua beranggapan screen time adalah win-win solution, padahal justru screen time inilah yang kelak bakalan jadi bom waktu bagi anak dan orangtua. Kok bisa? Ketika kita mendelegasikan pengasuhan anak pada gadget, kemampuan bicara anak justru akan terganggu (terutama pada balita).

Dampaknya, anak jadi sulit membuat keputusan, susah konsentrasi, punya masalah perilaku dan masalah fisik. Dan yang paling nyesek adalah penurunan kualitas hubungan orangtua – anak. Sampai di sini siapa yang masih nganggep gadget adalah win-win solution?

webinar faber castell
gangguan yang dialami anak akibat gadget

Kreativitas Sebagai Soft Skill yang Wajib Ditanamkan

So menurut Yohana Theresia penting bagi orangtua kembali melekatkan hubungan dengan anak sembari mengembangkan soft skill anak supaya mereka bisa tetap survive di era pandemi dan tentunya di masa depan. Salah satu soft skill terpenting yang harus dimiliki anak adalah kreativitas.

Kreativitas adalah kemampuan untuk memproduksi atau mengembangkan suatu karya asli, ide, teknik, atau pemikiran. Seperti apa sih orang kreatif itu? Orang kreatif, menurut Yohana adalah mereka yang memaknai masalah dengan cara yang unik; berani mengambil resiko; dapat menyajikan ide yang berbeda (out of the box) dan tahan banting dalam menghadapi berbagai masalah.

Kreativitas bukan bakat apalagi skill yang tetiba muncul dalam diri anak. Justru harus diasah sejak kecil dan sebagai orangtua kita bisa mendampingi anak-anak dengan beberapa cara seperti ini Sahabats:

  • Menghargai proses belajar
  • Mempersiapkan ruang khusus bagi anak untuk berkreasi dan bereksperimen
  • Memberi kebebasan pada anak
  • Memberi contoh nyata sebagai orang kreatif
  • Memberi berbagai sudut pandang dengan memperkaya pengetahuan anak
  • Suportif
  • Mengapresiasi usaha anak

Jadi clear ya Sahabats, kalau mau punya anak kreatif ya jadilah role model. Jadilah panutan nyata bahwa orang kreatif itu keren. ๐Ÿ™‚ Semenjak ada Keumala aku jadi rajin buka buku parenting lagi dan mencoba menerapkan beberapa dalam pola asuhku setiap hari. Salah satu kurikulum ala-ala ku adalah bikin mainan DIY yang bisa dikerjakan bareng Keumala.

DIY membuat Jelly fish ๐Ÿ™‚

Untuk jadi kreatif nggak perlu banyak modal, cukup dampingi anak kita melakukan aktivitas sehari-hari. Contohnya dengan menerapkan beberapa cara ini Sahabats:

  • Alternate Uses Task. Permainan sederhana tapi cukup menantang. Kita sebagai orangtua mengajak anak brainstorming dengan menyebutkan aneka manfaat dari suatu benda. Makin kreatif seorang anak maka makin banyak jawaban unik yang dapat diungkapkannya tentang manfaat suatu benda. Boleh lah dibantu pancing-pancing dikit ya. Makin sering main makin terasah kreativitas anak.
  • Guided Fantasy. menciptakan dunia fantasi melalui perantara buku. Kegiatan membacakan cerita dapat mengembangkan imajinasinya yang akan mendukung kreativitasnya. Makanya jadi ibu jangan males baca hahaha.
  • Open Ended Toys.Jenis mainan yang menawarkan cara main yang beragam seperti lego, playdough, dkk. Mainan semacam ini akan membantu dalam mengembangkan kreativitas anak.
  • Exposure to art activities. Berkesenian atau menciptakan sesuatu. Faber-Castell Creative Art Series merupakan contoh produk yang dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas anak.

Faber Castell Creative Art Series

Nah buat Sahabats yang lagi cari alternatif kegiatan seru di rumah sekaligus mengasah kreativitas anak, bisa juga memanfaatkan Faber Castell Creative Art Series. Ada banyak DIY seru yang bisa dicoba. Kebetulan di webinar kemarin ada juga workshop seru membuat jam dinding. Dipandu langsung sama tim kreatifnya Faber Castell lho.

Selama ini Sahabats pasti sudah kenal Faber Castell sebagai juaranya alat tulis ya. Dari kecil sampe emak-emak kalau cai stationary ya pasti Faber Castell, karena emag udah terjamin kualitasnya. Saat ini Faber Castell punya creative art series yang bisa manfaatkan untuk kegiatan si kecil di rumah. Serinya gemesh semua dong, bisa cek di IG @fabercastell_id.

Untuk kegiatan workshop kemarin kita semua praktek bikin jam dinding dari Faber-Castell Creative Art (CAT) Seri 2. Kegiatan ini cocok buat buat anak PAUD, TK, bahkan SD. Sambil berkreasi bisa belajar mengenal warna, menggunting, menempel, seru deh pokoknya.

Sahabats jangan anggap remeh aktivitas kreatif kaya gini buat anak karena banyak banget lho manfaatnya. Selain pastinya mengasah kreativitas, creative art serries juga melatih kemampuan motorik halus dan bisa dijadikan media untuk mengekspresikan emosi.

FYI, Produk Faber-Castell Creative Art Series 2 merupakan kelanjutan produk Creative Art Series yang pertama kali diluncurkan pada tahun lalu, produk ini diharapkan mengulangi kesuksesan dari edisi pertama.

Produk ini dikembangkan sesuai dengan melihat kondisi yang terjadi pada saat ini, dimana pandemik menyebabkan anak mengalami kebosanan, serta dengan produk ini diharapkan akan memberikan kesempatan bagi orang tua dan anak untuk bisa meluangkan waktu bersama.

Adapun Creative Art Series 2 terdiri atas 4 (empat) produk, yakni Basketball Arcade, Glow in the Dark Clock, Colour Your Own Drawstring Bag, Finger Printing Art Set yang melengkapi edisi sebelumnya Stone Deco Art, Origami Fashion Design, Colour Your Own Tote Bag, Air Jet Sport Car, Make Your Own Kite dan 3D Frame Art.

Bikin prakarya gini bisa ajang melekatkan kembali komunikasi dan ikatan antara orangtua dan anak. Duduk manis nguprek prakarya waktu nggak berasa jalan hampir 2jam. Dapet deh quality time sama anak? Jangan lupa puji anak kita setelah menyelesaikan tugas ya. Ini penting untuk meningkatkan self esteem dan self confidence.

Belinya dimana si CAT ini? Cuzz aja kepoin  official store Faber-Castell di Tokopedia maupun Shopee. Setiap pembelian produk Faber Castell, kita akan dapat voucher yang bisa digunakan untuk ikut online workshop barengan Faber Castell. Pengeen kan pastinya? ๐Ÿ™‚

Keseruan Workshop DIY Jam Dinding Glow in the Dark

Sesi terakhir dari webinar dan yang paling ditunggu-tunggu Keumala adalah sesi workshop membuat jam dinding glow in the dark. Semenjak dapet paketnya Keumala udah antusias banget pengen bikin, jadi semangat juga ngikutin step by step pembuatannya.

Seri Glow in the Dark Clock ini udah lengkap isinya, tinggal praktek aja. Ada cat akrilik, bubuk glow in the dark, template bagian-bagian siluet, lem untuk menempel dan juga kertas berisi panduan nomor-nomor bagian siluet. Peserta tinggal ngikutin arahan aja. Aku cuma bantu sedikit aja, selebihnya dikerjakan Keumala sendiri, termasuk bagian ngecat dan tempel-menempel.

Seneng banget dapat kesempatan bikin DIY jam glow in the dark bareng Faber Castell. Hari Sabtu di rumah aja tapi tetep berfaedah. Keumala happy bisa prakarya sekaligus belajar banyak hal, emak pun happy bisa berkegiatan positif dan seru sama Keumala. Thanks you so much Faber Castell. Insyaallah bakalan gabung webinarnya lagi. ๐Ÿ™‚

47 Replies to “Serunya Berkreasi Bersama si Kecil dan Faber Castell Art Series”

  1. Menarik banget nih ya, anak jadi punya pengalaman gimana membuat jam, terus kalau dipajang kan bermanfaat jadi ada kebanggaan tersendiri ya

    1. Ya ampuuun..imyuut banget nih si cantik yg sudah bukan baby lagi ya.. Senang membuat prakarya bersama Bunda, ya Dek? Insya Allah kegiatan2 begini selain menguatkan kelekatan anak-ortu, juga bisa meningkatkan kreatifitas anak ya..

    2. Iya bener. Awal pandemi rasan frustrasi apalagi ninggal anak di rumah. Tapi ke sininya jadi kreatif nemu kegiatan buat ngisi waktu mereka.

      Makasih infonya, baru tahu ada bubuk glow in the dark. Jalan2 cari ah

    3. Lucu juga ya ada bubuk glow in the dark. Emang zamannya kreativitas tanpa batas ya?

  2. Seru banget ya produk creative art terbaru dari Faber Castello ini anak jadi tergerak untuk berkreasi bikin prakarya dan jauh dari gawai.. Anak bisa makin kreatif ya..

  3. Wuihh! baru tau ada produk Faber Castell yang ini, padahal biasanya selalu update dengan produk produknya. Lucuk banget, bisa untuk dewasa juga gak yah seperti aku?. Mau ikutan beli di olshop hihih.

  4. Serunya aktivitas DIY antara ibu dan anak, pasti bisa jadi kegiatan mengasyikkan selama pandemi

  5. Iya loh, pemberian gadget sebenarnya bukan win win solution, kalau porsinya enggak pas malah jadi kayak bom waktu ya. Harus lebih banyak interaksi dengan anak kok, tetap paling utama tuh.
    Seneng nih Keumala diajak kreatif sama mamanya. Sik asiiikk punya jam dinding glow in the dark, keren pasti niiihh…

    1. Aku jg sdh dari dulu sreg sama produk2 Faber Castel. Atractive,awet dan bikin kreatif sih. Keren nih tipsnya

      1. Keren ya, permainannya bisa bikin anak berkreasi dan mengasah kemampuan kreasi dan imaginasi. Zaman now, lebih didominasi oleh orang kreatif daripada hanya sekedar pintar ya kak

  6. Aku jg tadinya mo masukin Faruq nih ke Play Group, tp berhubung pandemi ya ga jadi. Penginnya sih jg bikin kayak home schooling gitu..tp diriku masih belum konsisten nih. Kalau lagi mood aja, bikin kegiatan. Selain itu ya biarin aja dia mau main apa. Btw, jadi pengin punya faber castell art series nih buat anak2. Kayaknya seru banget nih bikin jam dinding glow in the dark.

  7. Aku baru tahu ada Faber-Castell Creative Art Series 2. Bagus ya mbak, bikin anak jadi kreatif. Dan karena kegiatannya dilakukan bersama, membuat ikatan ibu dan anak jadi makin erat. Seru !

  8. Asik asiik, dgn adaya Faber Castell Creative Art Series ini memudahkan ortu untuk megajarkan kreativitas pd buah hati, ya.
    Memang kudu telaten sih mendampingi dan berikan stimulasi.

    1. Bener banget mba. Gara gara pandemi apalagi waktu kasus covid meningkat parah itu, aku sampai ngelarang anak nggak main dulu ama temen-temennya. Karena temen temennya kalau main suka ga pakai masker. Jadi saya khawatir juga. Tapi enak ya kalau pandemi di teman faber castell begini. Anak bisa bereksplorasi sebebasnya walaupun dari rumah ya

  9. Ahhh, Keumala aku pangling deh, udah sekolah PG aja sekarang yaa, udah gede euy. Btw seru banget sih ikutan Webinar Faber Castle, emaknya jadi belajar lagi parenting ya, dan aku sepakat ortu menjadi role mode, kalo emaknya kreatif anak biasaya suka ngikutin juga.
    Ah, aku penasaran sama Faber Castell Creative Art Series ini, kaka Olip pasti suka, soale dia kreatif banget suka gambar2

  10. Wah itu foto bertiga kayak kembar 3 euy… Anak korban pandemi itu real banget ..apalagi untuk usia pra sekolah ya.. Sementara kita ngejaga banget biar anak2 screentime nya gak berlebihan ya.. Seneng banget anak-anak bisa seru2an sama Faber Castell art series ini..

    1. wah ini termasuk langkah awal untuk melatih kekreativitasan anak ya bund buat bekal nanti pas dewasa untuk bisa survive dalam keadaan apapun

  11. Wah, asyiknya ya melihat anak2 yang makin kreatif ini. Aku baru tau loh ternyata kini ada Faber-Castell Creative Art Series 2. Mau kasih tau keponakanku ah, dia demen DIY kayak gini. Kebanyakan main gawai (Di luar PJJ) kan ga baik juga, mendingan melakukan kegiatan ini ya.

  12. Terkadang orang tua merasa anak akan aman kalau mereka ada di dekat orangtuanya. Padahal sebetulnya anak juga butuh ruang. Pandemi jadi mempersempit ruang tersebut. Memang butuh solusi agar bisa tetap asik saat sedang berada di rumah. Cara kreatif begini bisa menyenangkan untuk anak-anak

  13. Senangnya ketika anak bisa bersama kita berkreasi, lalu hasilnya bisa kita pajang dan ia bisa dengan bangga mengatakan pada yang lain kalau ini jasil kerajinysaya.
    Daripada gadget, berkreativitas seperti arts series dari Faber Castell ini memang lebih direkomendasikan ya

  14. Aku ikutan juga nih. Seru banget ya, jangankan anak-anak..emak2 juga jadi antusias ikutan nempel beneran ada kebahagiaan tersendiri bisa menyelesaikan nya.

  15. ah seru banget ini mak, me time sekaligus menstimulasi motorik dan kreatifitas anak ya.. faber castell memang terbaik deh buat menemani anak berkarya dalam seni

  16. Aku selalu ada Faber Castell di rumah, mba. Dan anak juga senang karena bisa berkreasi dengan cara menyenangkan walau di rumah saja ya mba.

  17. Faber Castell ini kreatif sekali idenya bebikinan, bisa jadi ajang bonding sama anak ya. Pas bener ini bikin jam dinding Glowing in the dark untuk mendukung kreativitas anak dengan cara menyenangkan

  18. Iya mbak, zaman sudah berubah ya. sekarang yang diperlukan adalah soft skill karena mau gak mau karena makin pesatnya teknologi, maka yang terjadi adalah semua akan akan dilakukan oleh teknologi. Maka yangtidak bisa tergantikan oleh mesin hanyalah soft skill. salah satunya kreativitas. Btw seru banget ya mbak webinar bersama faber castell, apalagi ada kegiatan workshopnya.

  19. Iya mbak, zaman sudah berubah ya. sekarang yang diperlukan adalah soft skill karena mau gak mau karena makin pesatnya teknologi, maka yang terjadi adalah semua akan akan dilakukan oleh teknologi. Maka yangtidak bisa tergantikan oleh mesin hanyalah soft skill. salah satunya kreativitas. Btw seru banget ya mbak webinar bersama faber castell, apalagi ada kegiatan workshopnya.

    1. Masyaallah cantiknya dek Keumala yang asyik berkreasi sama mamanyaโ€ฆmemang asyik ya bebikinan yg juga bs dpakai seperti iniโ€ฆjadi ada cerita di barang tersebut.

  20. Sayang sekali kalau screen time dijadikan jalan keluar dari kesibukan orang tua ya, Mbak. Padahal tumbuh kembang anak harus dioptimalkan. Acara dari Faber Castell asyik ya ini bisa dijadikan sumber pembelajaran

  21. Efek pabdemi ini beneran kerasa banget buat anak-anak. Asli, anak saya tu jadinya takut ketemu orang lain. Ya karena pas pandemi, mainnya cuma di emperan teras doang. Jarang ketemu sama orang pula. Apalagi di kantor kami ada yang positif beberapa orang. Ya sudah, kami jaga jarak dengan para tetangga juga. Takutnya kami yang membawa virus.

    Nah, sekarang, pandemi mulai reda, saya mulai berani ajak anak keluar untuk bermain. Meski belum berani yang jauh.

    Untuk menjadi orang tua memang perlu banyak belajar ya. Dari manapun, termasuk dari webinar Parenting Faber Castell & Soft Launching Creative Art Series 2. Acara yang menarik, banyak kreativitas yang bisa diajarkan ke anak-anak..

  22. Senangnya bisa ikutan acara ini aku juga kreasi sama anakku bikin jam ini ada drama salah tempel lagi wkwk tp emang jadi kreatif deh

  23. senangnya ada Faber Castle ini ya mbak
    sangat mendukung anak anak untuk bisa bebas berkreasi dan kreatif

  24. Faber Castle produknya bukan hanya alat tulis aja ya tapi ada juga kit kaya gini bikin anak makin kreatif deh. Beli satu paket udah lengkap semua tinggal buat jadi praktis apalagi ada tutorialnya juga

  25. Faber Castle memang paling pengertian untuk urusan merangsang kreativitas anak, apalagi saat pandemi di mana anak memiliki waktu luang cukup banyak di rumah sehingga bisa dimanfaatkan untuk belajar membuat beragam kerajinan tangan, selain menjadi sarana meningkatkan quality time antara orangtua dan anak. Kebetulan nih aku dan anakku sudah pernah berkreasi menggunakan produk kreatif Faber Castle menghias Tote Bag.

  26. Seru ya bisa bermain bareng Keumala sambil ikutan acara Faber Castell.
    PEmberian gadget emang bukan pilihan tepat. apalagi kalo tidak bisa mendampingi. Bagusnya mengisi waktu dengan bikin macam-macam DIY, aku lihat sih di IG ketika Muna dan Keumala bikin sesuatu.

  27. Eh kok seru banget itu paket berkreasinya. Pas lihat, langsung keingat kalau di kamar anak-anak emang belum ada jam dindingnya. Beli paket kreasi ini aja kali ya, sekalian main, belajar, dan punya deh jam hasil kreasi sendiri

  28. Menyenangkan sekali..
    Anak-anakku suka menggambar apalagi berkreasi bebikinan begini. DIY dari Faber Castell Art series ini bisa digunakan untuk mengembangkan bakat anak.

  29. Produk CAS ini ada label usia pengguna atau bisa untuk semua umur, Mbak Muna?

    1. sepertinya ga ada label mbak, tapi anak-anak usia 4tahun ke atas sudah bisa lain bikin. Panduannya detail dan lengkap kok. selama kita dampingi insyaallah bisa jadi ๐Ÿ™‚

      1. Cocok untuk anakku yg gemar menggambar dan kreatif banget. Perkembangan zaman mengaruskan anak berpikir kreatif karena kedepannya orang kreatif yang bisa taham banting drpd orang pintar hehehe

  30. wah seru banget ini
    aku tuh suka kepikiran, besok kalau punya anak, bisa enggak ya ide mengalir terus gini?
    mungkinkah sekarang aku harus nabung ide dulu, biar enggak kehabisan ide nantinyaa?

  31. Cocok: Ortu kudu bisa jadi role model, jika tak ingin anak menjadi yang paling terdampak dari pandemi ini….

  32. Baru tahu Faber Castle punya semacam art kit gini ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฎ๐Ÿ˜ฎ mau cari ah. Anakku suka banget making art kayak-kayak gini. bisa jadi alternatif kegiatan buat dia di rumah. nuhun sudah berbagi tulisan ya mbak

  33. So far emang Faber Castell ini bagus banget mindsetnya untuk mendorong kreatifitas anak , dari dulu selalu ada aja idenya deh …. dari mulai jenis jenis pensil warna dan crayonnya, trus tools yang dikreasikan untuk kreatifitas anak, bener-bener ngebantu kita sebagai orang tua. top deh pokoknya … thanks udah mengulasnya dengan lengkap mba di artikel ini… bisa jadi referensi buat kita

  34. Keren ya Faber Castle ngeluarin produk art kit kaya gini. Membantu orang tua banget, nih. Dapat referensi kado, nih, buat ponakan.

  35. Menarik banget si acara dari faber castell ini, emang anak usia segitu harus byk kegiatan jg ya sebenarnya, tpi terkadang jadi mak nya ga gampang jg cari kegiatan uk anak.. untung de ada faber castell jdi nambah ilmu

  36. Permainan Keumala edukatif semua deh senang lihatnya, pas dapat paket Faber Castell pasti hepi banget ya bisa menyalurkan kreativitasnya

  37. Jangankan anak-anak, aku pun kalau disodorin creative art gini bakal betah banget sih. Emang asyik soalny

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.