Ingin Mengubah Polis AXA Mandiri? Ini Prosedurnya

Assalamualaikum Sahabats

Sahabat sudah punya polis asuransi AXA Mandiri tapi ingin melakukan perubahan karena satu dan lain hal? Pada dasarnya pihak pemberi asuransi memang membuka kemungkinan perubahan polis untuk beberapa kasus, tapi sebelum melakukan perubahan tersebut, ada baiknya Sahabat cek dulu cara dan prosedurnya.

Hal itu sangat penting karena jangan sampai perubahan polis asuransi yang kita lakukan justru membuat perlindungan yang kita dapat dari perusahaan asuransi berkurang. Untuk itu, Sahabat perlu tahu tentang bagaimana cara melakukan perubahan pada polis asuransi, terutama asuransi AXA Mandiri yang akan dibahas pada postingan ini.

Di era milenial sekarang ini kebutuhan akan asuransi jadi kian meningkat. Kita nggak pernah punya jaminan akan apa yang bakal terjadi di masa yang akan datang karena memang masa depan masih berupa hal ghaib sampai kita mengalaminya sendiri. Ketidakpastian seperti ini rasanya semakin lengkap dengan makin cepatnya dunia berubah.

Rasanya baru kemarin kita hidup normal dan bahagia eh tetiba pandemi menyerang kehidupan kita pun berubah total. Bisa dibilang semua aspek kehidupan kita terdampak ya Sahabats. Kita harus makin bijak dan pandai mengelola keuangan keluarga supaya bisa survive melalui pandemi Covid 19. Kalo udah gini menyiapkan dana dan berinvestasi di asuransi kok menurutku jadi penting ya. Betul nggak Sahabats?

Prosedur Perubahan Polis AXA Mandiri

Prosedur Perubahan Polis di Asuransi AXA Mandiri

Terus gimana ceritanya kalo kita sudah memiliki polis asuransi tapi melakukan perubahan polis asuransi? Lha emang kenapa juga harus dirubah? Ya balik lagi karena dalam hidup kita nggak akan pernah bisa menghindari perubahan.

Perubahan itu misalnya seperti perubahan status kita, punya anak, pindah alamat, pindah kewarganegaraan, perubahan nomor telpon, perubahan email, perubahan nomor rekening pendebetan, bahkan hingga perubahan uang pertanggungan polis. Nah semua contoh perubahan di atas itu penting untuk didokumentasikan di polis asuransi supaya kita tetap mendapatkan manfaat investasi asuransi yang kita miliki. Mengingat setiap perusahaan memiliki prosedur yang berbeda-beda, ada baiknya Sahabat cek info lengkapnya dengan menghubungi pihak Customer Care dari Asuransi AXA Mandiri di (021) 3005 8788.

Asuransi AXA Mandiri

Cara Melakukan Pemulihan Polis Asuransi AXA Mandiri

Sahabats, lain lagi ceritanya kalau kita sebagai pemegang polis asuransi ingin melakukan pemulihan polis asuransi? FYI, pemulihan polis adalah cara yang ditempuh perusahaan asuransi untuk mengaktifkan kembali polis asuransi yang telah batal atau lapse. Pemulihan polis hanya bisa dilakukan pada polis asuransi yang punya fasilitas pengaktifan kembali. Jadi penting untuk Sahabats cek sebelum menandatangani akad asuransi apakah polis asuransi Sahabats punya fasilitas pengaktifan kembali.

Pihak AXA Mandiri sudah punya prosedur baku untuk membantu kebutuhan nasabah dalam melakukan pemulihan polis asuransi. Cara dan ketentuannya ada di bawah ini ya Sahabats:

Syarat utama untuk melakukan Pemulihan Polis Otomatis (lapse) adalah bila pemulihan ini dilakukan kurang dari 6 bulan. Caranya Sahabats tinggal menghubungi Call Center AXA Mandiri di 1500 – 803. Sahabats nanti bisa menginformasikan persetujuan pemulihan polis dan bersedia untuk didebet rekeningnya dalam rangka pelunasan premi yang tertunda. Adapun beberapa persyaratan yang harus dilakukan adalah:

  1. Nasabah diminta untuk melengkapi Surat Pernyataan Kesehatan. Filenya bisa Sahabats unduh di sini ya https://axamandiri.co.id/documents/1415637/1443228/Formulir-Pernyataan-Kesehatan-dan-PerubahanData-Polis-Asuransi-Jiwa.pdf
  2. Nasabah diwajibkan untuk melampirkan Fotokopi KTP bagi Warga Negara Indonesia (WNI), sedangkan untuk warga Negara asing wajib melampirkan fotokopi Passport & KITAS yang masih berlaku.
  3. Terkait masalah pajak, nasabah yang merupakan warga Negara asing (WNA) harus mengisi form perpajakan Common Reporting Standard atau Fatca & Form W9 (hanya bagi WNA Amerika)
  4. Nasabah diharuskan untuk melunasi semua tunggakan premi, kemudian melampirkan bukti setoran pelunasan tersebut.
  5. Jika diperlukan, nasabah wajib melakukan pemeriksaan medis.
  6. Semua formulir yang dibutuhkan harus diisi dengan jujur dan lengkap, dan hanya boleh ditandatangani oleh pemegang polis asuransi.
  7. Setelah semua formulir dilengkapi, Sahabats bisa mengirimkannya ke Kantor Pusat AXA Mandiri dan dialamatkan kepada bagian Policy Owner Service (POS).
  8. 8.      Setelah semua persyaratan dan dokumen dilengkapi maka Polis yang dipulihkan  akan aktif dalam 2 (dua) hari kerja.

Ternyata cukup simple ya Sahabat cara dan prosedur perubahan dan pemulihan polis asuransi. Point pentingnya adalah baca dan cermati betul-betul surat perjanjian sebelum kita menandatangani polis asuransi agar sebagai nasabah kita tidak merasa dirugikan dan bisa mendapatkan nilai investasi sesuai dengan ekspektasi kita. Semoga postinganku ini bermanfaat ya. 🙂

8 Replies to “Ingin Mengubah Polis AXA Mandiri? Ini Prosedurnya”

  1. baru tahu nih mbak soal polis ini, masih membaca satu per satu dulu, menimbang dulu hehehe, tapi memang kayaknya jaman now wajib punya ya

  2. Makasih mba informasinya. Bisa buat referensi nih kalau nantinya bikin asuransi. Selama ini masih pake yg dari pemerintah asuransi kesehatan aja sih..

  3. Punya dan membaca polis dengan runut adalah juga satu bentuk ujian hidup nan nyata..*Eh
    Untung sudah diingatkan juga sama mbak Muna.
    MEmbaca dan memahaminya jadi ekstra lebih ringan ^^

  4. Menarik ya kalo asuransi ada fasilitas pengaktifan kembali. Kan bisa aja di tengah masa pertanggungan, kita nggak bisa bayar uang premi karena sesuatu hal seperti PHK saat pandemi gini.

  5. Semakin kerasa ya mbak pentingnya asuransi di saat pandemi seperti ini. Jadi mulai berpikir juga untuk mulai memilih-milih polis asuransi nih

  6. Pingin bisa berasuransi tapi masih menimbang2 yg sesuai dgn kemampuan. Tulisan ini jd bikin pandangan baru yg cukup mencerahkan nih

  7. Harus melalui pengecekan medis juga ya saat melakukan pemulihan? Tentunya aturan ini diterapan untuk memenuhi standar prosedur ya.

  8. NIce info mbak, aku belum pernah makai AXA mandiri sih, katanya termasuk yang recommended yaa? Tapi sampai saat ini masih mikir2 buat buka asuransi lagi, hihi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.