Pengalaman Glamping di Lembah Indah Malang

Assalamualaikum Sahabats …

Glamping jadi kegiatan yang sedang ngehits akhir-akhir. Kalau Sahabats lagi punya rencana untuk glamping bareng keluarga atau teman, aku mau rekomendasikan tempat glamping yang cukup hits. Lembah Indah Malang yang ada di lereng gunung Kawi, tepatnya di Kabupaten Malang.

Kalau melihat perkembangan pariwisata di Indonesia akhir-akhir ini, glamping menjadi sebuah aktivitas yang banyak digemari. Buktinya muncul banyak tempat glamping di berbagai kota di Indonesia. Dan selalu full booked saat weekend.

glamping Malang
view Lembah indah Malang dari kejauhan

Glamping VS Camping

Buatku kalau mendengar kata camping itu kegiatan yang seru tapi ribet. Banyak yang harus disiapkan. Dari mulai tenda, peralatan makan, sampai pakaian untuk menghalau dingin. Camping jadi tantangan tersendiri terutama kalau bawa bocah.

Glamping berasal dari dua kalimat yaitu glamorous dan camping. Secara umum glamping adalah cara berkemah mewah di alam tanpa perlu membawa perlengkapan berkemah, karena semua sudah tersedia di area menginap.

Perbedaan antara glamping dan camping memang lebih ke fasilitas yang tersedia. Namun keduanya memiliki kesamaan, yaitu berkemah di area alam terbuka, atau berkemah dengan suasana ala hutan atau bukit, namun pada glamping fasilitasnya mewah.

Glamping di Lembah Indah Malang

Liburan akhir tahun kemarin kami pengen liburan yang santai aja. Lebih fokus menikmati keindahan alam sambil merekatkan bonding antar kami dengan anak-anak. Makanya aku skip theme park dan ide untuk glamping pun terlintas.

Sewaktu scroll sosial media nemu deh Lembah Indang Malang, yang lokasinya berada di lereng gunung Kawi, Kabupaten Malang. Liat beberapa fotonya udah langsung jatuh cinta. Bayangin aja perpaduan pemandangan lembah dan dataran tinggi yang hijaaaauuu banget.

Selain lokasinya yang adem, tenda yang berbentuk dome dengan dominasi warna putih di tengah hamparan dataran tinggi kok keliatan fotogenic banget. Wes lah bismilah ke sini aja, batinku. Alhamdhulilahpas nyoba booking kok langsung dapet.

glamping Malang
tipe tenda Sasmaya yg jadi pilihan kami

Dari kota Malang perjalanan kami tempuh sekitar 2jam. KIta cukup ngikutin google map aja kok Sahabats insyaallah nggak akan nyasar. Sampai tekape pas menjelang senja. Sayangnya cuaca agak mendung jadi warna langit syahdu mendayu. Tapi kami nggak kecewa karena ada pemandangan lain yang menarik perhatianku banget.

Karena udara sore itu cukup dingin, kabut pun menyeruak masuk di lokasi glamping Lembah Indah Malang. Kabutnya tebal seperti gumpalan awan putih. Langsung deh keidean bikin kopi dan duduk di teras sambil ngobrol santai sama suami dan anak-anak.

Keumala belum pernah liat kabut secara langsung, jadi cukup excited waktu liat kabut yang turun sampai ke lereng bukit tempat dome kami berada.

Tipe Kamar di Lembah Indah Malang

FYI Sahabats, Lembah Indah Malang menerapkan konsep syariah. Jadi kalau pasangan belum menikah tidak diizinkan menginap di sini. Sewaktu check in bakalan dicek tuh KTP kita. Setelah menyerahkan deposit Rp. 50.000 ke resepsionis, kami langsung diberikan kunci dan diantarkan ke kamar sama petugasnya.

Lembah Indah Malang ini super duper luas Sahabats. Sahabats bisa memilih tipe kamar sesuai dengan kebutuhan. Kalau Sahabats datang bersama keluarga besar, maka Sahabats bisa memilih tipe villa Dipayana dengan 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Ratenya sekitar 2jutaan.

Kalau datang bersama keluarga (4orang) seperti kami bisa memilih tipe dome dengan kamar mandi dalam (tipe Sasmaya dan tipe Dawala). Ratenya antara Rp. 600.000 – 950.000an. Bedanya tipe Sasmaya lokasinya di clsuter tersendiri, jadi lebih private. Pilihan kami jatuh ke tipe Sasmaya karena posisi dome nya tinggi jadi bisa menikmati view lebih puas.

Dome tipe Sasmaya dan Dawala berisi 1 kamar dengan kapasitas 2 orang dan 1 kamar mandi dalam. Ada free breakfast juga. Kalau Sahabats menghendaki paket barbeque bisa request juga. Kami sih nggak ambil paket BBQ karena udah bawa bekal untuk makan malam. #timngirit

Menurutku fasilitasnya udah oke banget. Kamarnya cukup luas, buat kami yang nambah extrabed untuk si kakak pun masih bisa bergerak leluasa. Amenities yang disiapkan juga lengkap. Bahkan di kamar disediakan mukena dan sajadah lho. Terus ada AC juga padahal dengan suhu yang dingin nggak perlu lagi ya pake AC.

Untuk yang pengen ke sini rame-rame bareng teman dan pengen ngerasai sensasi glamping yang sesungguhnya bisa booking tipe Carani. Bentuk dome nya persis sama seperti tipe Sasmaya dan Dawala hanya lebih luas. Ada 6 kasur single bed, free breakfast, tapi kamar mandinya sharing (di luar kamar). Rate nya mulai dari Rp. 600.000.

Lembah Indah Malang, One Stop Entertainment

Kenapa kubilang one stop entertainment? Karena ternyata Lembah Indah Malang nggak cuma menawarkan liburan berkonsep glamping aja, tapi lebih dari itu Sahabats. Lembah Indah Malang punya konsep edutainment, jadi bakalan banyak aktivitas seru yang bisa kita lakukan di sana.

Sahabats tetep boleh lho main ke Lembah Indah Malang tanpa menginap. Cuma bayar tiket 20.000 aja per orang untuk menikmati semua fasilitas yang ada. Family friendly banget.

Jadi ya, di Lembah Indah Malang ada 2 cafe yang bisa buat nongkrong. Ada Resto Bambu yang menyajikan masakan khas Indonesia dan cafe Ovale buat ngopi cantik sambil ngemil dan foto-foto di spot foto yang kece.

Kalau kami sih karena bawa bocil jadi lebih memilih mengeksplor kebun hidroponik dan mini farm. Ada kebun strawberry yang sayangnya pas kami ke sana belum berbuah, terus ada juga beberapa macam sayuran. Di mini farm ada kambing dan juga sapi. Bisa kasih makan juga.

Next, karena energi Keumala belum tersalurkan kami mampir ke playground yang luaaas dan pilihan permainan yang banyak. Puas deh si bocah naik turun, lari sana sini, apalagi kami ke sana pas weekdays jadi memang sepi. Playground serasa milik sendiri. Udara yang sejuk bikin Keumala betah main karena nggak keringetan hehehhe.

Tips Berkunjung ke Lembah Indah Malang

Seperti yang sudah kusebutkan di atas, Lembah Indah Malang nggak hanya menawarkan glamping tapi liburan lengkap bersama keluarga. Supaya bisa menikmati semua fasilitasnya aku kasih sedikit tips ya Sahabats.

Kalau Sahabats dan keluarga cuma pengen healing tipis-tipis tanpa menginap, datanglah di pagi hari supaya bisa puas explore semua fasilitas yang ada. Makan siang di Resto Bambu sambil menikmati pemandangan lembah dan dataran tinggi. Sorenya, sebelum pulang ngopi cantik di cafe Ovale.

Kalau Sahabats berencana menginap kaya kami, jangan datang kemalaman ya supaya bisa menikmati view senja di dataran tinggi. At least jam 4 sudah check-in. Siapkan juga kopi, teh dan camilan buat temen ngobrol sembari menikmati pemandangan dan udara segar di Lembah Indah Malang

glamping malang

Bawa kamera atau hape yang kece buat foto ya. Soalnya rugi banget kalau nggak banyakin foto di sini. Kami bahkan bikin sesi foto keluarga yang proper. Rencananya bakalan dicetak dan dipajang dong di rumah.

Oya, meskipun di Lembah Indah Malang ada fasilitas TV dan free wifi tapi kami bikin challenge “no gadget allowed time.” Tujuannya kami bener-bener pengen menyerap dan menyimpan semua momen yang kami lalui di sini. Saling curhat dan ngobrol dari hati ke hati tanpa terganggu dunia maya dan sosial media.

Alhamdhulilah check out dari Lembah Indah Malang dengan hati yang bahagia dan badan juga sehat dong soalnya udah dapet pasokan oksigen maksimal.

So next time Sahabats dan keluarga berencana liburan di Malang atau pas lagi kepengen glamping, cuuz aja ke Lembah Indah Malang ya.

26 Replies to “Pengalaman Glamping di Lembah Indah Malang”

1. Naaah kalo yg model glamping gini suamiku pasti mau Mbaaa 😄. Aku sbnrnya penasaran pengen rasain kemping. Tapi kadang memang ragu, masalah toilet Trutama. Memang sih rata2 di tempat kemping toilet pasti ada. Cuma bersih ga nya yaaa gitu deeeh 🤣.

Tapi kalo glamping gini kan dijamin bagus, mewah. Makanya aku juga tenang.

Sukaaa liat design tendanya, dome begitu , trus dari foto kliatan bersih . Aku pun bayangin kabutnya kalo turun, pasti cakep banget 😍😍😍

2. Wah seru ini ya mbak, aku tertarik banget dari dulu kalau lihat glamping yang modelan dome gini tuh. Nah yang penting kalau buatku kamar mandinya ada di dalam nih, biar gak sharing sama orang juga.

3. asliii indah banget hihi, aku baru tau ada tempat secakep ini untuk glamping-an di Malang (maklum kuliah tahun 2014, udah banyak yang berubah dan nambah2 yang bagus di Malang). Harganya juga terjangkau untuk sekelas glamping yahhh

4. Kece banget! Ntar kalau ke malang, nginepnya di sini aja, ah. Terima kasih infonya, ya

5. Lho saya malah belum tahu kalau di kawasan gunung kawi ada lembah indah ini mbak. Soalnya selama ini kalau dengar kata gunung kawi tuh identik dengan hal-hal mistis.

Pemandangannya dan suasananya asyik banget di Lembah indah ini. Beneran deh tetap bisa merasakan suasana berkemah tanpa perlu ribet dengan perlengkapan sebelum dan setelahnya

1. Iya loh, saya kalau dengar nama Gunung Kawi ya langsung inget ke cerita2 mistik. Padahal ya belum pernah dateng langsung ke Gunung Kawi hihihi. Btw, ini tendanya beneran glamor deeeh. Soalnya saya pernah nginep di tenda yang pengelolanya bilang glamping, tapi kalau merunut dari arti kata glamor, ga ada glamor2nya sih itu tenda. Ya nggak buruk, tapi sederhana hehehe. Kapan2 pengen ah glamping. Selama ini uda beberapa kali ngecamp sama suami dan anak-anak. Tapi, meski ada fasilitas tenda, kami slalu bawa tenda sendiri hihihi.

6. aah ini enak banget yaa. kamarnya lega, pemandangannya baguuss, suasananya adem dan asik gitu, ada playground anaknya juga. jadi salah satu pilihan tempat nginep kalau ke Malang nih!

7. seru juga nih nggak boleh pegang gadget, karena eman loh pemandangan sebagus itu kalau masih saja mainan gadget, harus lebih menikmati bareng keluarga. Kalau aku milih sekalian nginap aja deh, kalau cuma jalan-jalan aja kurang legaa

8. Nyaman sekali tempatnya, mbaa. Apalagi ada pemandangan yang menyejukkan hati. Untuk harga juga sesuai dengan fasilitas yang dimiliki. Kebayang dinginnyaaa mbaa

1. Aku lihat glamping di Lembah Indah ini di YouTube seseorang, aseliii cakep banget pemandangannya. Aku sampai kepengen, tapi saat itu lagi pandemi jadi ya ditahan dulu. Eh Muna udah nyobain glamping di Lembah Indah yang letaknya di lereng Gunung Kawi. Ahh kapan kapan mau jadiin beneran lah glamping di sini

9. Asyik banget ini tempatnya, terjangkau pula ya Lembah Indah Malang rate-nya. APalagi ga cuma glamping sekedar healing dengan menikmati view saja pun bisa.
    Setuju jika saat family time ada aturan no gadget allowed..keren idenya dengan glamping buat liburan keluarga,Mbak

10. Murah banget nih tiket masuknya .aih bahagianya bisa relax tapi harganya terjangkau di lembah indah malang

11. Sukaak banget aku model beginian pastinya bikin seger pikiran dan mata juga seger lihat yg ijo ijo…setuju jg no gadget biar bs maksimal familytimenya

12. Glamping akan selalu jadi pilihan untuk liburan bareng anak sekeluarga, karena pengalamannya itu yang menarik dan seru

13. Mupeng glampiiinggg
    Aku baru sekali glamping d Jogja. Seruuuu pwoooll menyatu dgn alam
    Kapan2 mau ahhh glamping d mariiii

14. Unik yah tenda dome warna putih. Dari kejauhan seperti igloo.
    Trus, kamarnya itu full tirai ya? kalau dibuka bentuknya seperti apa, apa full jendela juga?
    glamping cocok jadi pilihan suasana baru, enggak nginep di hotel terus.

15. Kalau Glamping itu kita tinggal bawa diri aja ya 🤣🤣. Gak perlu ribet bawa tenda dan peralatannya.

Harganya lumayan tapi sangat worth it nih.

16. Wah asyik banget glamping di Malang ya, harga hotel terjangkau dan lokasinya hijau segar gitu pemandangannya..pengen ajak bocah ke Malang lagi buat staycation di sini..

17. Bagus banget pemandangannya yang enak banget ini kalau berjalan-jalan bersama keluarga menikmati pemandangan yang indah dan sejuk

18. MasyaAllah terlihat nyaman dan view-nya indah sekali yaa.. Langsung kucatat sebagai alternatif kunjungan di Malang nih.. Piknik sambil nostalgia kemping jaman muda..haha . Terimakasih sharing infonya ya..

19. Cakep banget ya Lembah Indah Malang ini. Cocok buat healing gak pakai ribet. Ya meski aku sendiri bisa aja sih camping di alam, tapi gak nolak juga kalau diajakin glamping

20. Di tempatku juga lagi ngehits wisata glamping mbak
    Seru aja gitu bisa ngecamp di alam tapi ga ribet sama peralatan. Pun tipe sasmaya ini dah macam isi kamar hotel ya..nyaman banget
    Lembah indah juga cakep. Ngeliat fotonya aja udh bikin seger mata

21. Bisa dibilang Malang tuh surganya liburan ya. Mau tempat wisata kayak apapun ada di sana. Glampingngnya seru ya, penasaran pengen nyobain.

22. pemandangannya bagus bangettt, wajib masukin wish list 😀

1. Masya Allah asik banget mba tempatnya.. unik dan Astrid sekali.. meyatu dgn alam.. pasti dingin juga ya di Malang

23. Bentuk dome nya lucu, dan bagian dalamnya … Wah, nyaman banget. Setelah mengekplore lembah seharian, istirahat di dome langsung pules.