Rekomendasi 10 Film Bergenre Detektif Terbaik dengan Plot Twist Paling Tak Terduga

Asslamualaikum Sahabats …..

Punya agenda apa weekend ini Sahabats? Kalau Sahabats nggak ada agenda bepergian keluar rumah, kita nonton film aja ya. Aku akan kasih rekomendasi film bergenre detektif terdebest dengan plot twist yang bakalan bikin Sahabats geleng-geleng kepala. Kuy simak apa aja sih film bergenre detektif terbaik versi aku?

Aku udah pernah mention kan ya, genre buku favoritku adalah detektif. Nah kesukaan ini tanpa aku sadari merambat juga ke hobby ku nonton film. Sadar atau nggak tiap kali ada film baru bertema murder thriller ataupun detektif, pasti langsung aku masukin daftar tontonan.

Hobby ini nular juga ke pak suami, jadi tiap kali dia nemu film detektif atau misteri pembunuhan, abang akan langsung simpan dan download untuk kita tonton bareng. Entah sudah berapa banyak film detektif yang kami tonton so far.

Kenapa sih Suka Banget Sama Film Detektif

Nah, ini pertanyaan yang sering banget aku dapatkan dari teman dan keluarga. Mungkin balik lagi karena preferensi bacaanku juga bergenre sama ya. Nonton film detektif itu seru dan menegangkan buatku. Sepanjang film kita akan diajak menyelami sebuah kasus. Mendalami bukti demi bukti yang ditemukan.

Setiap adegan dan kejadian bakalan saling sambung menyambung dan punya makna. Penonton akan digiring untuk berfikir, membuat hipotesis bahkan menduga siapa sih dalangnya. Nah ini yang bagian yan paling kusuka. Sambil nonton kita ikut mikir dan mencba memecahkan kasus bersama sang detektif.

Tapi kadang yang bikin kesel (atau mungkin pinternya sang penulis dan sutradara ya) semua tebakan kita mental. Menjelang akhir penonton disuguhi plot twist yang nggemesin pol. Kejutan inilah yang bikin kita melongo karena nggak menyadari petunjuk yang sebenarnya sudah ada sejak awal.

Best Detective Movies Ever Versi Momtraveler

Oke let’s cut to the chase, shall we? Mumpung lagi weekend Sahabats boleh banget nyoba browsing 10 rekomendasi film detektif terbaik yang sudah aku share di postingan ini ya. Oya nomer 7 jangan sampai dilewatkan ya Sahabats

1. Enola Holmes (1 dan 2) (2020 dan 2022)

Sahabats pasti sudah nggak asing sama detektif Sherlock Holmes dong? Karakter ciptaan penulis Sir Arthur Conan Doyle ini memang masuk daftar best detective ever ya. Nah Enola Holmes ini adalah adik dari sang detektif terkenal tersebut.

Di film yang pertama kita diajak Enola untuk mencari ibunya yang tetiba menghilang. Film ini ccok ditonton sama anak abege karena ceritanya ringan dan tokoh utamanya juga abege. Di film yang kedua, ceritanya lebih kompleks dan lebih seru.

Enola harus mencari seorang perempuan yang menghilang. Setelah ditelusuri sang gadis ternyata sedang ebrusaha mengungkap kasus korupsi yang terjadi di pabrik tempatnya bekerja Cuuzz buruan nonton ya.

2. Knives Out (2019)

Harlan Thrombey, seorang penulis novel misteri ditemuka meninggal. Dugaan awal pelakunya adalah perawat si Thrombey yang bernama Marta. Datanglah detektif Benoit Blanc berusaha mengungkap kasus misterius ini. Dan ternyata semua anggota keluarga sang penulis punya motif.

Siapa kira-kira pelaku pembunuhan Harlan Thrombey. Sepanjang film plot twistnya gila banget sih sampe pas endingnya aku tepuk tangan dong dan bikin penonton di bioskop heran hahaha. Tapi emang segila itu sih plot twist nya. Nonton gih. 🙂

3. Spotlite (2015)

Film detektif ini juga diangkat dari kisah nyata para jurnalis sebuah koran ternama di Amerika yang mengungkap skandal pelecehan seksual yang terjadi di sebuah gereja. Berita ini sempet bikin heboh juga lho tapi aku nggak ngikutin banget sih dan justru dapet insightsnya dari film ini.

Kisah film Spotlight berawal dari seorang pastur yang tengah ditahan di Kepolisian Boston. Dan terkuaklah bahwa ada 90 pastur melakukan kekerasan seksual, bahkan ada kasus pedofilia.

4. Murder on the Orient Express (2017)

Sahabats masih inget kan salah satu postinganku mengenai Agatha Christie, penulis novel detektif terbaik? Di postingan itu aku menyebutkan salah satu karya terbaik beliau yang sudah difilmkan adalah Murder on the Orient Express yang dibintangi oleh Johny Depp.

Dalam perjalanan pulang dari Istambul menuju Inggris, detektif terkenal Hercules Poirot yang idmaninkan dengan sangat oke oleh Kenneth Branagh, terpaksa harus kembali menyelidiki pembunuhan yang terjadi di kereta yang ditumpanginya, Orient Express. Mantab lah pokoknya kasus yang satu ini.

5. Death on the Nile (2022)

Sudah pernah difilmkan di tahun 1950an, karya lain Agatha Christie ini nggak kalah gemesnya Sahabat. Bisa dibilang plotnya hampir sama dengan Murder on the Orient Express hanya saja kasus pembunuhan terjadi di sebuah kapal pesiar.

Alkisah Simon Doyle dan Jacqueline de Bellefort yang bertunangan namun hubungan mereka berubah ketika Simon Doyle berselingkuh degan Linnet Ridgeway, teman Bellefort. Keduanya pergi bulan madu dengan kapal pesiar yang menyusuri sungai Nil.

Di perjalanan tersebut mereka mengalami kejadian tidak terduga ketika terjadi pembunuhan misterius di kapal. Hercule Poirot berusaha mengungkap pelaku di balik pembunuhan tersebut.

6. Zodiac (2007)

Berangkat dari kisah nyata serang pembunuh berantai yang ada di San Francisco. Konon selama 25 tahun dia membunuh di kota tersebut dan berhasil lolos. Pembunuh ini menjadi terkenal karena jati dirinya tidak pernah terungkap, bahkan hingga kasusnya ditutup secara resmi oleh kepolisian.

Di film ini, dua orang wartawan koran lokal, Paul Avery dan Robert Graysmith, berusaha membongkar jati diri sang pembunuh berantai yang penuh dengan misteri. Film yang disutradari oleh David Fincher ini bagiku dan menurut sebagian besar pecinta film detektif sebagai salah satu film detektif terbaik sepanjang masa.

7. Badla

Eits jangan dikira cuma Hollywood yang punya film kece, Bollywood juga ternyata punya lho film detektif yang menurutku kece banget. Film in nggak terlalu ngehits di Indonesia tapi sumpah Sahabats harus banget nonton.

BADLA ini menceritakan tentang pembunuhan misterius yang belum terpecahkan dan tertuduh adalah selingkuhansang korban. Tokoh utamanya siapa lagi kalau bukan Amitabh Bachchan, sang pengacara kondang bernama Badal Gupta. Sang pengacara pun menemukan fakta lain soal hilangnya pemuda bersamaan dengan kematian misterius pria sebelumnya.

Menurutku plot twistnya luar biasa sih. Meskipun aku bukan penikmat film Bollywood tapi bintang 5 deh buat film satu ini. Cuuzz buruan deh Sahabats cari filmnya dan nonton ya.

8. Shutter Island (2010)

Martin Scorcece dong sutradaranya, pasti jaminan mutu kan? Diperankan juga dengan nggak kalah kece oleh Leonardo DiCaprio.

Shutter Island adalah sebuah pulau terpencil yang hanya bisa ditempuh dengan kapal laut. Di sini, terdapat sebuah rumah sakit jiwa sekaligus penjara yang dikelola oleh pemerintah. Kisah film ini dimulai dari cerita seorang marsekal AS yang datang untuk menyelidiki hilangnya seorang pasien rumah sakit jiwa tersebut.

Dalam investigasinya, hal-hal aneh dan misterius pun bermunculan. Dalam film ini, watak para pemerannya sangat sulit ditebak dan bahkan aku sempet curiga ini film agak nyerempet ke film horor. Ternyata eh ternyata sepotong demi sepotong cerita membawa kita pada akhir yang luar biasa diluar dugaan > Dan baru terungkap di menit-menit terakhir dong.

9. Murder Mystery (2019)

Film komedi tapi ada unsur kasus pembunuhannya. Film yang diperankan oleh Adam Sandler dan Jennifer Aniston ini menceritakan sepasang suami istri yang sedang pergi berlibur untuk menghidupkan kehidupan pernikahan mereka. Bukannya honeymoon mereka malah terlibat di kasus pembunuhan seorang miliarder bernama Malcolm Quince.

Adam Sandler ya gitu deh, filmnya mostly konyol. Tapi yang satu ini seru juga. Jadi kita nggak disuguhi adegan yang sepenuhnya tegang tapi ada adegan lucu-lucunya juga. Kalo Sahabats pengen nonton yang ceritanya ringan bisa coba Murder Mystery

Memories of Murder

Last but not least, film Korea yang harus banget Sahabats tonton nih. Kisahnya diadaptasi dari kasus pembunuhan berantai yang terjadi di Hwaseong, KOrea Selatan.

Tokoh utamanya adalah 2 detektif, yang satu sudah cukup tua dan satunya lagi masih muda. Keduanya punya metde berbeda dalam mengungkap kasus pembunuh berantai ini. Plot twist nya mantab betul sampai aku terbawa suasana serasa ikut memecahkan salah satu kasus pembunuhan berantai yang paling sulit terpecahkan di Korea Selatan.

Sebenernya masih banyaak banget film bergenre detektif yang luar biasa keren dan harus banget ditonton. Insyaallah list nya bakalan ku update lagi. Kalau Sahabatas suka nggak sama genre film detektif, Atau suadh nonton film yang aku rekomendasikan di atas?

Share dong di kolom komentar kalau Sahabats punya rekomendasi film detektif yang nggak kalah serunya.

9 Replies to “Rekomendasi 10 Film Bergenre Detektif Terbaik dengan Plot Twist Paling Tak Terduga”

  1. suka banget sama Zodiac, walaupun bikin pusing tapi tetep bisa ikutin alur ceritanya

    1. Sukaaaaa genre detektif beginiiii ❤️❤️❤️. Ya ampuuun tengkiuuu mba, banyak juga rekomendasi nya. Ada yg udah aku tonton, tapi banyak yg belum. Semuanya yg belum aku bakal nonton ntr. Kec yg Shutter island, soalnya suami dan banyak temenku bilang ceritanya aneh dan susah dimengerti wkwkwkwk. Ga tau deh, soalnya aku memang ga nonton. Dan kurang suka Ama film2nya Leo sih.

      Genre detektif itu seru. Apalagi kalo menyangkut pembunuhan. Kita tuh kayak kebawa suasananya. Makanyabutk Drakor pun atau buku, genre fav ku ttp misteri berbau detektif gitu.

  2. wooow…sepertinya memang sangat seru ya film2 keren ini.. uuh..jadi tergoda untuk menontonnya juga nih.. Terima kasih Muna utk rekomendasi film2 detektif yg keren ini..

  3. Andrew Pradana says: Reply

    Ada banyak juga sih pilihan lainnya. Kalau dari list di atas, Enola Holmes 2 belum nonton nih. yang paling sering malahan detective Conan hahaha. Btw thanks ya mba atas listnya, yang amitabachan juga belon

  4. Di antara film-film itu baru nonton Enola Holmes 1 dan penasaran ama yang kedua. Di film Enola Holmes 1 malah terpukau ama Helena Carter :D.

    Nonton film detektif seru ya Kak karena bisa nebak, kira-kira siapa pelakunya? Kita diajak untuk jadi detektif juga dan kadang gak nyangka ternyata tersangkanya gak terduga.

    Makasih rekomendasinya, nanti weekend nonton ah satu-satu.

  5. Dari list diatas aku cuma pernah nonton yang nomor 8, tapi btw zodiac itu film detektif yaa.. Wah baru tau banget, kirain sci-fi kayak iron men dkk gitu..

  6. Suka Enola juga sayanya.. ^^
    Thrilling, mistery, lucu dan kadang suka sarkas dengan kondisi masyarakat.
    Dan pastinya gak bikin penasaran, karena ketahuan endingnya juga tokoh jahatnya.
    Yang lain, bakal cari tau dan nonton juga ah

  7. Weekend ini mau aku agendakan nonton ahhh.. aku suka bangettt film detektif.Makasi udh kasi beberapa rekomendasi yaa mb

  8. Waaah, Enola 2 aku belum nonton Kak. Emang film detektif ini bisa bikin penasaran dan ngajak mikir siapa tersangkanya :D. Kadang alurnya yang bikin dag dig dug bikin nggak mau jeda nonton. Nanti pas weekend deh aku sempetin nonton Enola 2 dan film lainnya. Makasih rekomendasinya ya, Kak

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.