Skincare Routine Untuk Remaja

Assalamualaikum Sahabats …

Apakah menurut Sahabats remaja sudah harus mulai menggunakan skincare secara rutin? Yes, ternyata perawatan sejak dini, bermula sejak remaja itu penting banget. Ada beberapa urutan pemakaian skincare yang harus digunakan secara rutin oleh remaja supaya medapatkan kulit wajah yang terawat dan terhindar dari masalah kulit yang biasa dialami remaja saat pubertas.

Punya anak remaja terutama cewek nggak akan jauh bahasannya dari skincare dan make up. Apalagi jaman sekarang perskincare-an udah makin berkembang pesat dengan segala macam jenis dan kandungannya. Honestly awalnya aku bukan termasuk ibu yang setuju anak-anak udah pada skincare-an atau pake make up. Aku kurang setuju kalo Nadia suka kepo sama skincare-ku tapi semuanya berubah waktu kakak pulang dari pondok dengan wajah penuh jerawat.

Gabungan antara kesibukan di pondok, hormon pubertas, dan air yang mungkin nggak sebersih di rumah menghasilkan wajah bruntusan si kakak. Sedih sih liatnya keinget jaman puber dulu wajahku pun nggak luput dari serangan jerawat bandel.

I can realy relate sih gimana perasaan kakak yang jadi nggak pede karena jerawat di wajahnya karena aku dulu juga ngalamin hal yang sama. Supaya bisa kasih treatment yang bener aku mulai browsing deh skincare yang kandungannya aman untuk kulit remaja.

Skincare routine untuk remaja berbeda dengan skincare routine untuk orang dewasa. Kulit remaja tidak memerlukan produk skincare yang berat. Menurut aku yang terpentingg adalah pelembab ringan yang dapat menjaga kulit dari kekeringan dan dehidrasi. Dan untuk kasus Nadia tentunya cari skincare yang bisa memberantas jerawat.

Kenali Jenis Kulit Wajahmu

Sebelum membeli skincare untuk kakak, aku cari tahu dulu nih apa jenis kulit wajahnya. Tiap orang kan punya tipe kulit yang beda dan tentunya akan berpengaruh pada perawatannya juga. Ada beberapa tipe kulit wajah ni Sahabat

  • Kulit normal. Memiliki warna kulit yang merata, tekstur kulit yang lembut, dan permukaannya tidak berminyak atau kering.
  • Kulit berminyak. Kulit tampak mengkilap, pori-pori wajah terlihat besar, dan rentan alami jerawat dan komedo.
  • Kulit kering. Kulit yang dapat terlihat kusam, kasar, bersisik, gatal, dengan pori-pori yang hampir tidak terlihat.
  • Kulit kombinasi. Biasanya area dahi, hidung, dan dagu akan berminyak dan area yang lainnya terlihat kering. Pori-pori wajah besar dan cenderung memiliki komedo.

Hasil dari diskusi kami sih, kakak punya kulit wajah yang normal tapi berjerawat, Bisa jadi memang jerawat itu karena faktor hormonal ya dan memang sangat lumrah dialami remaja. Menurut Dokter kulit dari London, dr. Amy Bibby, mengungkapkan bahwa masalah kulit yang paling sering dialami remaja adalah munculnya jerawat dan komedo akibat pengaruh hormonal. Namun, sebaiknya jangan sembarangan memakai obat. Salah – salah bisa makin gawat nanti keluhannya.

Karena masih dalam fase awal berskincare-ria dan usianya masih remaja juga, jadi aku pilih skincare yang ringan. Ringan dalam artian ringan kandungannya, dan ringan harganya hahahaha. Toh harga murah belum tentu kualitas rendah kan. Bahkan produk dalam negeri pun banyak yang kece dan bisa dibeli di mini market. Praktis dan murah meriah, itulah yang kusuka. 🙂

Baca juga: Edukasi Manajemen Kebersihan Menstruasi Pada Remaja Sejak Dini

Tahapan Skincare Routine Untuk Remaja

Pakai skincare jangan asala pakai, harus sesuai urutan supaya hasilnya maksimal ya Sahabats. Nadia sih kepo pengen nyobain segala macam skincare yanng kupunya (meskipun nggak banyak juga sih jenisnya heheeh). Tapi sebenenrnya untuk remaja nggak perlu pakai skincare yang aneh-aneh. Cukup basic skincare aja. Apa aja tahapannya? Cuzz lanjut bacanya ya Sahabats.

1. Facial Wash

Tahapan paling simple tapi nggak boleh dilewatkan ya Sahabats. Sebelum mulai perawatan, kulit wajah harus dalam keadaan bersih. Apapun jenis kulit wajahnya, carilah facial wash yang kandungannya cukup ringan tapi bisa tuntas membersihkan kotoran dan minyak di wajah.

Cuci wajah dengan facial wash minimal 2 kali sehari ya Sahabats. Bagi remaja dengan kulit wajah normal atau kulit kombinasi, pilihlah sabun pembersih wajah yang mengandung asam salisilat. Asam salisilat membantu mengendalikan produksi minyak sekaligus meningkatkan hidrasi kulit. 

2. Toner

Step yang kedua adalah toner wajah. Fungsi toner wajah adalah membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak berlebih yang mungkin masih menempel setelah tahap membersihkan wajah. Toner wajah juga bermanfaat dalam membantu mengembalikan pH kulit yang hilang ketika kita mencuci muka. 

Bagi remaja dengan kulit berjerawat, penggunaan toner dengan kandungan tertentu bisa membantu meredakan jerawat meradang, mengempiskan jerawat, serta mencegah kemunculan jerawat baru di kemudian hari. Toner yang beredar di pasaran juga ada banyak jenisnya. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit remaja ya Sahabats.

3. Moisturizer (Pelembab)

Next, setp ketiga adalah pemakaian pelembab 2 kali sehari. Tujuan untuk membuat kulit terhidrasi, terasa kenyal, dan mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis-garis halus. Cara mengoleskan pelembab adalah ambil pelembab dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran kacang polong ke telapak tangan. Oleskan pelembab pada area pipi terlebih dahulu, lalu oleskan ke atas menuju dahi dengan gerakan memijat.

Pelembab dengan akndungan apa yang sebaiknya dipakai si empunya kulit normal? Lebih baik, fokuslah ke produk yang membantumu mendapatkan balanced skin yaitu kulit yang memiliki kadar air dan minyak seimbang sehingga bisa berfungsi dengan baik sebagai barrier, absorber, eliminator and regenerator.

4. Sunscreen (Tabir Surya)

Kalau pas kakak di rumah sih biasanya step ini dilewatkan karena nggak bakalan kena matahari juga kan? Tapi kalau pas sekolah atau beraktivitas di luar, wajib ya pakai sunscreen. Gunakan sunscreen yang mengandung zinc oxide untuk mencegah munculnya masalah jerawat. Selain itu, pilihlah sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 serta berlabel broad-spectrum guna melindungi dari paparan sinar ultraviolet A dan B.

ORIGINAL Sunblock Emina Sun Protection / Sun Battle SPF 30 / 45 Sunblock  Wajah dan Badan | Shopee Indonesia

Oleskan sunscreen ke seluruh permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan memutar secara perlahan. Pastikan untuk mengoleskan sunscreen 15-30 menit sebelum pergi ke luar rumah agar dapat meresap dengan baik. Pemakaian sunscreen bisa mencegah kulit kusam bahkan sampai memerah karena terbakar sinar matahari. Kalau Sahabats atau si anak remaja menggunakan hijab, biasanya akan ada bekas warna kulit yang tidak rata karena sebagian tertutup hijab dan sebagian lagi terpapar sinar matahari. So pemakaian sunscreen adalah koentji!!

5. Obat Jerawat

Lanjuuttt. Kalo Sahabats nggak berjerawat bisa diskip aja. Berhubung masalah kakak adalah jerawat jadi aku tambahkan obat jerawat dalam skincare list-nya. Sebagai perawatan untuk jerawat yang sedang muncul di kulit, pilih acne spot gel atau obat totol jerawat yang tidak berwarna dan dapat digunakan di siang dan malam hari. Sahabats bisa menggunakan produk yang mengandung Salicylic Acid yang dapat menghilangkan kemerahan dan peradangan. Yang terpenting adalah jangan pernah memencet jerawat karena itu akan membuatnya semakin parah.

6. Lip Balm

Kebiasaan buruk Nadia yang suka narikin kulit bibir yang kering plus pas di pondok kurang minum air putih bikin bibirnya makin kering. Makanya aku belikan juga lip balm agar bibir tetap lembap dan sekaligus menjaga bibir biar nggak pecah-pecah. Sahabats bisa belikan  tinted lip balm agar bibir lembap sekaligus lebih cerah dan berwarna secara natural. Cocok banget untuk dipakai pas sekolah biar wajah nggak terlihat pucat.

7. Masker Wajah

Cukup dipakai dua atau tiga minggu sekali aja. Biasanya sih aku belikan sheet mask yang cara pakainya gampang. Jadi meskipun di pondok, Nadia tetep bisa pakai, terutama pas hari Minggu dan ada waktu luang. Sheet mask bisa bikin wajah makin sehat dan flawless.

8. Night Cream

Last but not least, sebelum tidur gunakan night cream ya. Tapi sebelumnya jangan lupa bersihkan wajah dengan facial wash dan toner dulu. Night cream akan lebih baik meregenerasi kulit. Dengan begitu, pagi hari saat kita bangun, kulit akan lebih cerah, kenyal, dan enggak perlu takut sama penuaan dini. Sahabats bisa menggunakan night cream berbahan dasar air yang cocok bagi semua jenis kulit dan dapat melembabkan tanpa membuatnya berminyak. Aplikasikan tipis -tipis di wajah sebelum tidur ya Sahabats.

9. Body Lotion

Sebagai tambahan dan pelengkap boleh juga lah ditambahin body lotion ya. Body lotion tentunya memiliki segudang manfaat untuk kulit. Selain melembabkan, body lotion dapat membantu menghilangkan flek pada kulit. Nah, karena Nadia di pondok, jadi ga selalu sempet pakai lotion. Biasanya dipakai malam sebelum tidur atau hari Minggu ajah. Lumayan lah daripada enggak ya.

scarlett body lotion varian freshy
fragrance body lotion freshy scarlett whitening body care

Baca juga: Review Scarlett Whitening Bodycare

Pede Adalah Koentji!!

Apapun masalah kulit yang lagi dihadapi Nadia, aku selalu ingatkan untuk tetap pede. Jerawat jangan dijadikan alasan untuk mager apalagi minder. Selama kita merawat kulit wajah dengan skincare secara teratur dan menjaga kebersihan diri insyaallah kecantikan akan terpancar dari dalam diri.

Penting juga untuk mengingatkan anak remaja kita untuk banyak konsumsi air putih, makan sayur dan buah, supaya kulit glowing, tsaahh. Rajin cuci tangan dan jangan iseng menyentuh area wajah karena bakalan jadi jerawar tuh. Next ganti sprei, terutama sarung bantal secara rutin karena sel kulit mati dan kotoran yang nempel di sarung bantal bisa bikin jerawatan juga.

Kalau udah rajin dan rutin skincare-an ditambah menjaga kebersihan, PR terakhir tapi justru yang terpenting adalah bersyukur. Bersyukur kalau sudah diciptakan Allah dengan sempurna, bersyukur karena diberi kesehatan dan hidup yang bahagia. Dengan bersyukur dan rajin merawat diri kita sudah one step closer to loving ourselves.

bersyukur membuat semua jadi indah

Mencintai diri sendiri dengan kelebihan dan kekurangannya bakalan bikin kita dan juga remaja punya kepribadian dan kulit yang cantik. So sudahkah kalian bersyukur hari ini?? 🙂

 

23 Replies to “Skincare Routine Untuk Remaja”

  1. Makasih mom resep jitunya, meski aku bukan lagi remaja tapi apa yang disampaikan aku juga menerapkannya. Awalnya males-malesan tapi sekarang demi menjaga perawatan wajah pelan-pelan pake. Yang kurang night cream nih aku belum Mom

  2. Bersyukur Nadia punya mama yang care dan bisa memberi solusi yang pas sehingga nggak harus coba-coba sendiri yang mungkin malah berakibat negatif ya..
    Oya, sering kurek2 bibir dan ngeletekin kulit keringnya saat remaja itu aku banget hihi..sekarang nyesel deh.. hehe..

  3. Menarik nih, pas banget aku punya ponakan yang baru masuk remaja, harus kasih tulisan ini biar mengenal perawatan di rumah, dulu sih tahunya main sepedaan aja panas-panasan hehehe

  4. Kak Vivi udah bisa milih skincarenya dia sendiri. Maunya dari facial wash sampai moisturizer sekaligus tone up nya sama merknya. :))
    Alhamdulillah klo dia pondoknya di daerah pegunungan yang dingin, jarang kena panas, jadi menul-menul pipinya heheee… Ngerasain ya Mun kudu nyiapin skincare untuk anak wedok. Ini yang paling riweuh anak wedokku sukanya minta masker ini itu buat dicobain di pondok barengan sama teman-temannya. :))

  5. Yes, perawatan kulit apalagi kulit wajah memang harus dimulai sejak remaja. Aku dulu termasuk telat, baru usia 30 tahun kenal dengan skincare huhuhu… Sekarang anak bungsu suka liatin mama kalo usap usap wajah tapi dia masih SD hehehe.. Ntar lagii yaa bisa ikutan perawatan wajah

  6. Iyaa, Nailah juga mulai kubelikan skincare sendiri nih dari body lotion, masker, hingga face wash dan lip balm, cari yang cocok untuk kulit remaja kita ya..usia segini jerawat mulai menyerang soalnya…

  7. Obat-obat cantiknya banyaaaakkkk..
    Tapi ya worth it juga sih ya.
    Kulit wajah bakal jadi sehat dan stunning sampai lama.
    Chill out pun jadi tenang, karena jadi selalu pede kumpul bareng siapa saja.

  8. asik banget nih kl remaja2 punya bunda yang aware soal dunia perskincare-an. glow up bareng2 hahahah

  9. Bener bgt bun, dulu pas masih remaja jg permasalahannya seringnya jerawat, terutama di bagian area dahi T. Kalau kata org2 bisa karena stress jg. Tapi lambat laun trend nya berubah, biasanya jerawat paling pas mens dan areanya ga di dahi 😁. Kebersihan kulit memang penting sejak dini.

  10. Makasih sharingnya, Mbak. Pas banget karena anak saya sebentar lagi mau masuk masa remaja. Selama ini, sih, masih pakai facial wash & lip balm aja. Suka dengan bagian terakhir, bersyukur dan mencintai kelebihan/kekurangan kita 🥰

  11. Perawatan kulit penting banget ya mbak, malah menurutku lebih penting dari pada make-up” karena skin care itu diperlukan sampai kita tua nanti haha..
    Dulu aku juga males banget untuk skin care sampe akhirnya waktu remaja baru ngeh kalau skin care itu penting banget, apalagi memahami kulit kita sendiri, jadi jangan sampai salah beli skin care hehe

  12. Jaman aku masih remajaa duluuu banget. Aku rempat jerawatan parah di dahi. Jerawat kecil2 diseluruh dahi. Ternyata itu karena aku alergi facial wash. Ada bahan di facial wash yang ga cocok untuk kuit mukaku. Setelah aku berhenti memakai facial wash, semua jerawat pun hilang. Happy banget

  13. harus tetap pede dan bersyukur adalah kuncinyaa! aku seneng deh sekarang anak2 remaja skinkernya udah lengkap, kalo aku dulu taunya cuma facial wash sama susu pembersih aja 😂

  14. Hayatilah Nur says: Reply

    Baca ini jadi ingat masa remajaku yang terbuang-buang. Korban kosmetik, tapi gak perawatan ihik.

  15. Waktu SMP belum mengenal skikcare akhirnya suatu hari temanku ngasi tau klo cewek itu harus ini dan itu akhirnya mulai pakai skincare yang cocok untuk remaja, this is redommended article banget mbak

  16. dulu pas abege, aku cuma ikut2an temen aja. enggak ngerti kondisi wajah ataupun skincare yg cocok. hasilnya ya … jerawat di mana-mana. sekarang sedang berjuang mengatasi bekasnya. nyesel sih, enggak. tapi jadi pelajaran buat anakku nantinya, kalau harus lebih aware soal merawat kulit, hehe. terima kasih informasinya, mbak

  17. Aku masih melakukan hal ini, walau kadang diselingin sama essence juga hehehe. Memang ya paling asik merawat diri kaya gini, tapi pede memang kunci utama. Pede aja, karena semua perempuan itu cantik dengan gayanya sendiri

  18. waah keren, makasih loh mom sharingnya…. emang pede adalah koentji ya…

  19. Duh mama dan putrinya cantik semua, apalagi ditambah perawatan jadi glowing. Saya sebenarnya juga kurang sreg joka remaja sudah mengunakan kosmetik, skin care dll. Tapi jika wajahnya bermasalah ya untuk kesehatan dan enibgkatkan pedenya anak2 ya kudu dirawat.

  20. Nailah juga sudah mulai kubelikan nih skincare ringan untuk remaja seperti sheet mask dan body lotion, mulai ada jerawat juga jadi pakai lotion jerawat..

  21. untuk remaja saja lumayan banyak yaa, apalagi aku yang sudah dewasa muda :’) gaji habis untuk investasi skin care jangka panjang hihihihihi

  22. Menurutku, beruntung sekali remaja puteri yang bisa memperoleh pengetahuan2 yg diperlukannya dari keluarga sendiri, termasuk masalah merawat wajah dan tubuh. Izin simpan juga tips2nya utk kubagikan ke ponakanku ya..

  23. Aku udah bukan remaja lagi, hiks. Tapi mau rajin skincare-an biar kulitnya tetep kayak anak remaja. Hehe. Panjang sih stepnya tapi kalo terbiasa cepet aja rasanya..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.