Cara Mudah Mengatasi Bau Badan pada Remaja

Assalamualaikum Sahabats ….

Fase remaja adalah fase yang paling menyenangkan tapi juga challenging. Banyaknya perubahan yang terjadi secara fisik, berdampak juga pada psikis anak. Walhasil muncul banyak masalah yang harus dihadapi termasuk bau badan. Gimana caranya mengatasi bau badan pada remaja? Sebagai ibu aku punya pengalaman dan tips yang gampang banget diikuti.

Dulu waktu bayi, anak-anak tu unyelable banget ya Sahabats. Perpaduan antara wangi minyak telon dan bau khas bayi tuh bikin gemesh banget. Tapi semakin besar anak, aroma tubuh mereka pun berubah. Masuk usia SD bau matahari pasti udah umum banget, apalagi tiap pulang sekolah. Beranjak usia remaja beda lagi cerita dan aromanya hehehhe.

Sepintas emang sepele ya Sahabats, tapi ternyata bau badan ini cukup bikin galau anak remaja. Termasuk si kakak yang sekarang sudah beranjak remaja. Masalah bau badan ini cukup bikin dia uring-uringan bahkan nggak pede lho. πŸ™

Penyebab Bau Badan pada Remaja

Masalah bau badan yang dialami si kakak datang seiring dengan datangnya menstruasi. Kakak mulai menstruasi di akhir kelas 5. Semenjak itu bau badannya pun jadi beda. Apalagi kakak sekolahnya full day dengan kegiatan yang padat merayap. Muncul deh aroma yang aduhai setiap kali pulang sekolah.

First thing first bau badan yang dialami remaja adalah hal yang NORMAL. Hal ini disebabkan oleh kelenjar apokrin yang mengeluarkan sekresi di area ketiak, puting, area genital, dan daerah telinga. Keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar apokrin umumnya berbau tak sedap. Terlebih bau ini disebabkan adanya pertemuan antara keringat dengan bakteri.

Apa saja yang menyebabkan munculya bau badan pada remaja?

1. Perubahan Hormon

Perubahan hormon ini jadi biang kerok utama penyebab bau badan pada remaja. Fase pubertas menyebabkan peningkatan hormon, termasuk peningkatan kelenjar apokrin yang mengeluarkan sekresi. Akibatnya muncul banyak keringat dan aroma yang lebih bau.

Kandungan keringat yang keluar bukan hanya berupa air dan garam saja, tetapi juga minyak. Keringat dari kelenjar apokrin ini selain berbau juga memicu aroma yang semakin menyengat apabila bercampur bakteri.

2. Terlalu Banyak Aktivitas

Kebayang dong aktivitas di pondok kaya gimana. Bangun sebelum matahari terbit dan terus disibukkan dengan aktivitas sampe jam 2 siang. Aktivitas sehari-hari dan cuaca panas pastilah mengundang keringat dan bau badan.

3. Emotional Sweating

Lagi-lagi ya, masalah anak abege tuh sungguh complicated. Bahkan munculnya keringat dan bau badan tak sedap pun bisa dipicu dari emosi mereka yang seringkali jempalitan nggak jelas juntrungannya (hanya emak yang udah punya anak abege yang paham).

Emotional sweating merupakan respon dari rangsangan emosi seperti rasa takut, stres, kecemasan, atau rasa sakit. Keringat ini bisa muncul di seluruh bagian tubuh, tetapi seringnya respon ini kebanyakan muncul di telapak tangan, ketiak, dahi, dan telapak kaki.  Keringat terkait emotional sweating tidak terjadi karena perubahan suhu tetapi karena suasana yang dirasakan oleh individu dalam suatu momen.  

Keluarnya keringat ini berasal dari kelenjar apokrin yang bereaksi kuat terhadap emosi. Selain itu respon ini juga merupakan reaksi terhadap situasi yang menyebabkan tekanan atau stres pada remaja.

4. Kurang Menjaga Kebersihan

Keringat yang bercampur bakteri kalau nggak segera dihempaskan ya pastilah memunculkan bau yang aduhai ya Sahabats. Sayangnya kebiasaan malas mandi masih aja dipelihara. Suara emaknya ini harus naik 5 oktaf dulu baru dia mandi. Satu lagi PR emak setiap hari mengingatkan si remaja untuk rajin mandi.

Pokoknya sebagai orangtua nggak boleh lelah mengingatkan ya Sahabats. Bahkan setelah kakak masuk pondok, setiap kali ada jatah telpon aku nggak pernah absen untuk mengingatkan mandi, jaga kebersihan diri, terutama saat menstruasi datang.

Masalahnya nih, kualitas air di pondok pesantren kakak tuh kurang bagus. Jadi deh nambah alesan buat malas mandi sementara permasalahan bau badan masih jadi masalah yang belum terpecahkan.

Semua penyebab bau badan pada remaja ini tentunya harus segera diatasi. Kasian juga kalau dibiarkan, si kakak jadi nggak pede. Karena kakak nun jauh di pondok jadi aku coba mengatasi bau badan ini dengan cara yang sederhana dan mudah dilakukan sendiri. Bahkan saat kakak di pondok.

Tips Mengatasi Bau Badan pada Remaja

Ketika anak remaja kita mengalami bau badan jangan diejekin, apalagi diketawain ya Sahabats. Dengarkan curhat mereka dan katakan bahwa itu adalah hal yang normal. Semua remaja pasti mengalami masalah bau badan dan masalah ini bisa diatasi dengan mudah. Sahabats bisa mencoba tips yang aku terapkan pada kakak.

1. Mandi Minimal 2x Sehari

Simple tapi penting banget.Kebiasaan mandi dua kali sehari dapat menghempaskan keringat dan mengurangi jumlah bakteri pada kulit. Dengan membersihkan tubuh secara menyeluruh, terutama daerah rawan keringat,bau badan bisa diminimalisir. Jangan lupa juga keringkan tubuh dengan baik setelah mandi ya Sahabats

2. Gunakan Deodorant Setelah Mandi

Pakai deodorant juga wajib banget hukumnya. Deodorant membantu menciptakan habitat yang kurang ramah bagi bakteri sekaligus mengharumkan ketiak. Deodoran juga bisa menghambat keluarnya keringat yang berlebihan.

Untuk kakak yang menggunakan hijab dan pakaian yang tertutup rapat aku ingatkan untuk selalu ganti baju setiap selesai sekolah. Kalau belum sempat mandi seka keringan dengan tissue basah, terutama di area ketiak. Aku belikan tissue basah yang anti bakteri juga jadi bisa menghalau bau badan.

3. Banyak Minum Air Putih

“Jangan jajan minuman yang tinggi gula terus kak!” begitu pesanku sama kakak sekarang lagi doyan jajan minuman kekinian. Mengonsumsi air putih dengan kadar yang cukup membantu membuang racun yang ada di tubuh. Dengan begitu bau badan bisa berkurang.

4. Gunakan Baju yang Menyerap Keringat

Aktivas harian yang padat membuat keringat bercucuran setiap saat. Makanya penting banget pakai baju yang menyerap keringat. Setiap kali beli baju buat kakak aku prefer beli yang berbahan katun atau rayon yang adem dan mudah menyerap keringat. Hal yang sama juga perlu diperhatikan ketika memilih bahan kaos kaki, hijab, ciput, topi, baju olah raga, dll.

5. Rutin Membersihkan Bulu Ketiak

Ketiak yang banyak ditumbuhi bulu bisa menyimpan keringat lebih banyak. Ditambah kotoran, sebum, sel-sel kulit mati yang berkumpul, bulu ketiak rentan menjadi rumah bagi bakteri. Tak heran lipatan ketiak ini cenderung berbau tak sedap.

Aku rajin ngingetin kakak untuk mencukur bulu ketiak.Hari Minggu kan libur tuh, nggak banyak kegiatan. Jadi aku sarankan hari Minggu sebagai hari bersih-bersih diri. Keramas, cukur bulu ketiak dan kemaluan, pakai masker wajah. Pokoknya me time deh. Ketiak yang mulus dan bersih dari rambut membantu mengeringkan kulit ketiak lebih cepat saat berkeringat. Sehingga bau badan hilang karena tidak sempat terpapar bakteri.

6. Gunakan Sabun Antiseptik

Untuk perlawanan pamungkas, keringat dan bau badan tak sedap bisa dihalau dengan menggunakan sabun antibakteri atau antiseptik. Sabun dengan kandungan antibakteri atau antiseptik membantu melawan kuman bakteri penyebab bau ketiak. Sabun jenis ini memang diformulasikan secara khusus untuk membunuh bakteri secara klinis.

Memakai sabun antiseptik di spot yang rentan berbau tak sedap ampuh mengurangi jumlah koloni sekaligus mencegah bakteri berkembang biak. Untuk perlindungan maksimal aku belikan kakak Betadine Natural Body Wash.

betadine natural defense nourishing pomegranate and aloevera
betadine natural wash varian pomegranate and ale vera

Baca juga: Skincare Routine untuk Remaja

Sukses Halau Bau Badan Berkat Betadine Natural Body Wash

Honestly, ketika tahu bahwa Betadine mengeluarkan produk body wash aku langsung tertarik mencoba. Selama ini udah paham banget sama reputasi produk Betadine yang juara jadi yakin banget kalau body wash nya pasti juga nggak kalah oke.

Betadine natural body wash merupakan sabun mandi yang diformulasi khusus dengan pH seimbang dan diperkaya dengan vitamin E yang membantu membersihkan, melembabkan dan melembutkan kulit secara maksimal.

Biasanya kan sabun antiseptik baunya nggak asyik dan bikin kulit jadi kriuk alias kering. Makanya aku cobain dulu sebelum kirim ke pondok. Apalagi kulit kakak tuh cenderung sensitif, persis kaya emaknya. Ternyata Betadine natural body wash wanginya enak banget, ramah di kulit dan efektif juga membunuh kuman penyebab bau badan.

betadine natural defense nourishing manuka honey and aloevera
betadine natural wash varian manuka honey

Karena aku udah nyobain dan ternyata cocok, bismilah manteb deh kirim betadine natural body wash buat kakak. Alhamdhulilah so far kakak cocok pakai ini.

Ternyata rahasianya ada di bahan yang terkandung dalam Betadine natural body wash. Produk ini sudah dermatology tested, diformulasikan dengan kandungan yang lembut dan baik untuk kulit. So meskipun judulnya sabun antiseptik, ga ada deh bau yang kaya obat, justru wanginya calming banget. Selain itu Betadine natural body wash sudah terdaftar di BPOM dan bersertifikat halal MUI.

FYI Sahabats, Betadine natural body wash ada 2 varian. Pertama adalah varian Betadine Natural Defense Nourishing Manuka Honey and Moisturising Aloe Vera Body wash (warna kemasannya kuning). Kedua adalah Natural defense Refreshing Pomegranate and Moisturusing Aloe Vera Body Wash (kemasan warna pink).

Kalau kakak sih lebih suka yang pomegranate, sedangkan aku lebih suka yang Manuka honey karena baunya seger tapi lembut.

Cara penggunaannya juga gampang, seperti pake sabun cair pada umunya aja. Pertama, tuang sabun di tangan, gosok sampai berbusa. Usapkan diseluruh badan. Khusus untuk area yang banyak mengeluarkan keringat seperti ketiak dan area lipatan lainnya boleh lah digosok lebih seksama supaya hasilnya maksimal. Next bilas dengan air sampai bersih.

Setelah mandi berasa banget bersih dan wangi. Bau badan pun terhempas sempurna. Mood langsung naik ke level maksimal dan siap beraktivitas lagi. Nggak salah memang kalau Betadine selalu direkomendasikan sama dokter kulit. Untuk informasi lengkap seputar produk Betadine, Sahabats bisa cek di https://betadine.co.id/

Alhamdhulilah setelah kakak pakai betadine natural body wash dia jadi lebih pede dan bau badan pun berkurang. Aku tetap mengingatkan untuk selalu jaga kebersihan tubuh. Apalagi kebersihan adalah sebagian dari iman dan menjaga kebersihan juga salah satu bentuk rasa syukur kita sama Allah. Tubuh yang bersih, bebas bau dan bakteri insyaallah bikin semangat beribadah dan beraktivitas sehari-hari.

Kalau Sahabats atau putra putri remajanya mengalami permasalah bau badan bisa nyobain tips di atas termasuk pakai Betadine Natural Body Wash. Atau Sahabats ada tips mengatasi bau badan pada remaja? Boleh dong share di kolom komentar.

34 Replies to “Cara Mudah Mengatasi Bau Badan pada Remaja”

  1. Wah, baru tahu ada produk kayak gini dari Betadine. Jadi ingat buku remaja yg pernah kutulis, salah satu ceritanya tentang bau badan ini. Semoga setelah baca ini, para remaja jadi lebih pede, ya. 😁

    1. Jadi tau kalau ada produk ini mbak. Terima kasih informasinya. Sangat bermanfaat.

    2. Nah, ini solusi banget untuk mengatasi bau badan apalagi kalo buat anak2 remaja yang emang karena hormonnya.
      Kek anakku juga pernah ngalamin bau badan, wah ini bisa rekomen banget buat semua yang sedang mencari mengatasi bau badan untuk perlindungan maksimal Betadine Natural Body Wash.
      Aku mau beliin juga ahh.

  2. Baru tau betadine ada bodywashnya, biasanya pakai betadine mouthwash aja. Cuss beli online ah

  3. Aku belum pernah beli dan pakai Betadine bodywash. Penasaran nih aku pengen beli Betadine bodywash di Shopee atau Tokopedia pas nanti ada promo gratis ongkir dan diskon 50%.

  4. wah pas banget nih infonya bisa kuteruskan ke ponakan2 yg ngeluh ttg masalah BB ini. Thx ya Muna.. BTW aku suka dg kemasan model pump begini..mudah keluarkan isinya..

  5. Terima kasih infonya mbak.
    Bisa jadi referensi mengatadi BB pada anak remaja. Kemasannya juga bagus dan praktis karena model pump. Ada refilnya nggak mbak?
    Jadi pengin beli buat anak dan ponakan.

  6. Penyebab bau badan point’ pertama (perubahan hormon), itu aku mengalami, Mbak. Jadi kalo pas masa menstruasi, aroma tubuh beda dengan saat gak mens.

  7. Anakku yang cowok nih, aroma tubuhnya udah kayak aroma bapak-bapak. Kuecuuut, haha.
    Tapi untunglah dia sadar setelah diaruh2i kakaknya, disuruh pake deodoran, pake parfum, pake lotion, wangi lagi deh. Coba ntar aku bellin betadine natural body wash deh

  8. Baru denger istilah emotional sweating mbak. Ternyata di masa remaja ada keringat yang dipengaruhi sama emosi mereka ya…

    Anakku bentar lagi masuk usia remaja. Sekarang juga udah mulai bau badannya, hmm… Perlu sedia produk dari Betadine juga nih.

  9. Cocok nih buat aku juga yang lagi hamil hormon sedang naik baiknya bau badan juga keluar semua. Makasih rekomendasi nya Mom.
    Remaja2 wajib baca nih

  10. Bener banget, begitu menganjak remaja bau tubuh anak tuh kalau pas keringatan adodoooeeee… apalagi kalau cowok nih bun, tambah parah nih hehehee… anakku lanang yang bentar lagi bakal masuk pondok juga, duh lah aromanya selangit wkwkkk… Kudu disangoni sabun mandi betadine nih untuk menjaga datangnya bakteri ke area-area badan yang nylempit itu yaaa…

  11. Eh produk barunya betadine yaa. Baru lihat aku yg ini. Noted deh anakku dah beranjak remaja juga πŸ˜†πŸ˜†

  12. Jadi ingat anakku, masalahnya dia sih bukan di bau badan (karena masih kecil). Kakinya banyak luka bekas digaruk gitu kan, aku pakaikan betadine semua. Sampai aku bilang “Ini mah mandi aja pakai betadine, nih.” Dia kira mandinya pakai obat itu. Haha. Aku bilang “Nggak, Betadine itu kan ada juga body wash-nya.” Ternyata bagus ya untuk membersihkan tubuh dari kuman dan bakteri. Aku baru tahu sih kalau ada kandungan Honey-nya, pasti bikin kulit halus dan lembut. Apalagi untuk remaja, memang penting banget menjaga kebersihan diri agar terhindar dari bau badan.

  13. Punya anak remaja tuh asooyyy gebooyy mba πŸ™‚
    Terutama anak lanang, deramaahh nya cem macem, termasuk urusan BB, jerewi, dll dst
    Alhamdulillah, ada trik jitu utk hempas manjyaahhh si BB ini yah

  14. Bau badan pada remaja memang pe er banget ya…Kedua anak saya cowok – SMP dan SMA , enggak menyengat banget bau badannya seperti teman sebayanya. Bisa ditambahkan Mbak, rajin makan sayur juga, bisa bantu ini. Ini anak-anak sama sayur apa aja mau, baik diolah maupun dilalap gitu
    Tapi memang pemilihan sabun yang tepat seperti Betadine Natural Body Wash ini, bisa jadi salah satu solusi

  15. Nah, ini adalah solusi yang simple untuk anak remaja agar tidak bau badan. Karena, bau badan membuat rasa percaya diri ingin kumpul dengan teman menjadi malu.

  16. Kok sama juga sih, mengingatkan anak buat mandi tuh nada suara harus naik 5 oktaf dulu baru didengerin yaaah haha

    Kalo anak aku sih, sejak sekolah online di rumah karena merasa gak pergi ke mana2 jadi gak harus mandi. Duh parah deh haha

    Wah, aku tahunya betadine hanya obat untuk luka aja, ternyata sekarang ada body wash juga yah, jadi penasaran deh pengen cobain buat anak aku

  17. ini produk baru ya mba? Baru tau lho aku ada betadine body wash, bagus nih buat jaga kebersihan kulit dari bakteri membandel

  18. Saat remaja dulu, aku juga sempat ada bau badan. Makanya sekarang punya Keponakan cewek ya diingatkan buat jaga kebersihan badan mulai dari mandi dan lainnya

  19. Wah iya bener deh, remaja kan lagi puber2nya, hormong lagi meningkat, mudah berkeringat. Aku juga udah nyobain Betadine natural body wash yang honey. Asli deh ketagihan!

  20. Setelah meninggalkan masa kanak-kanak dan beralih ke masa remaja, hormon di dalam badan juga strukturnya berubah ya mbak. Dan dipicu oleh beberapa sebab, terkadang hormon baru ini memicu aroma badan yang kurang sedap. Untungnya cuma sementara dan itu bisa diatasi oleh tips-tips seperti di atas..

  21. Penyebab dari Emotional Sweating ini baru aku tahu mbak, ternyata ada hubungannya ya emosi dengan bau badan anak. Anak cowokku pas usia 15-17 tahun pernah punya masalah bau badan, lumayan berat saat itu. Segala cara udah dicoba buat atasi, dari sering ganti baju, mandi 3-4 kali sehari, sampai pakai produk pewangi, tapi ga tuntas, hanya berkurang saja. Setelah lewat 17 tahun, masalah bau badannya berkurang sendiri, dan sekarang malah sudah ga lagi. Mungkin pas usia 15-17 itu sedang mengalami fase tertentu seperti yang diceritakan di atas. Nah kalau anakku yang cewek, tampaknya ga ada masalah, sampai sekarang saya lihat aman saja dari bau badan. Mungkin beda2 ya.

    Ok noted berarti pakai sabun mandi Betadine buat bantu atasi bau badan ya. Produk baru yang baru aku tahu.

  22. Terima kasih kak tipsnya sangat bermanfaat

  23. Apalagi anak cowok yang aktivitas fisik gak bisa diam, aromanya beneran bikin pusing, hahahaa. Padahal mereka masa kecilnya selalu bikin gemes pengen cium keteknya. Harus rajin mandi pokoknya yaa

  24. Betadine semakin melebar sayap bukan hanya obat antiseptic akan tetapi sampai ke body wash.
    Bau badan menjadi masalah anak ABG tapi tak hanya anak ABG saja sih, kaum adam biasanya bau badannya aduhai dah gitu biasanya paling sebel kalau males pakai parfum.

  25. Aku sedang mengalami sekarang ini, kak..
    Anakku mulai beranjak remaja dan meski belum mengalami periodnya, tapi yang namanya tanda-tandanya Pubertas mulai tampak.

    Duh, wanginya memang sungguh luar biasa.
    Di luar kebiasaan banget sih yaa.. Jadi kudu dirawat dengan Betadine natural body wash yang bunuh kuman supaya gak jadi BB tak sedap.

  26. Nah aku juga rewel banget sama anakku ni yg mulai remaja, pokoknya gak boleh sampai bau badan atau asem hehehe. Selalu aku tanay udah pakai roll on atau deodorant belum, malu kalau bau badannya nanti. Bener banget tuh mbak kadang bahan pakaian juga jadi penyebab bau karena gak nenyerap keringat

  27. wah iya, anakku mau remaja ini. kalau pulang sekolah wanginya lumayan. tapi aku kasih dia parfum dan modelannya yang suka parfum memanng jadi pulang sekolah wangi parfum. kayaknya juga kudu ditambah pakai ini deh sabunnya juga biar wangi sepanjang hari

  28. Anak sulung saya banget nih. Kalau lagi padat-padatnya beraktivitas. Udah deh..gak bisa dipungkiri yang namanya timbul bau badan. Kalau udah kayak gitu, gak pakai disuruh, pasti deh itu dianya mandi. Tapi kalau bau badannya belum nongol… Duh ya ampun susah bener disuruh mandi teratur.

  29. Damar Aisyah says: Reply

    Kalau Najwa, anakku sudah melakukan tips-tips di atas, kecuali pakai sabun Betadine. Malahan saya baru tahu ada sbun Betadine. Untuk bau badannya sendiri masih tergolong aman, belum yg bau banget gitu karena urusan makanan agak saya atur. Nah, pakaian nih yg wajib katun. Sampai2 bajunya cuma kemeja sama kaos katun semua. Gak ada baju2 model lain yg cantik dan manis berbahan ceruty atau sifon.

  30. Beneramn loh setiap anak mulai baleq langsung deh bau badannya menyengat dan bikin tidak tahan, faktor hormon ya. Sayangnya, kadang anak remaja kebablasan cuek dan malas mandi. Di rumah aku selalu sounding anakku yang ABG nih buat mandi, pakai deodorant yang aman

  31. urusan bau badan bisa buat si remaja ga PD, di kamar aja, menjauh dari teman-temannya. Eh ada juga yang cuek banget. Bener sih kasih deodorant. Kalau sabun Betadine ini bisa untuk cewe cowo?

  32. Wah boleh-boleh nih tipsnya aku saranin ke anak-anak remajaku. Karena hormonal, kadang suka kecium juga bau yang gak enak. Bisa nih aku beliin mereka sabun antiseptik ini. Semoga bisa membantu deh.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.